oleh

Intip Arti Mantra dalam Film Harry Potter

Kabar6-Harry Potter adalah seri tujuh novel fantasi yang dikarang oleh penulis Inggris J. K. Rowling. Novel ini mengisahkan tentang petualangan seorang penyihir remaja bernama Harry Potter dan sahabatnya, Ronald Bilius Weasley dan Hermione Jane Granger, yang merupakan pelajar di Sekolah Sihir Hogwarts.

Nah, dunia sihir ada banyak mantra yang diucapkan saat akan melakukan hal-hal penting. Dalam serial Harry Potter sendiri, melansir Vemale, ada banyak mantra yang diucapkan. J.K. Rowling ternyata terinspirasi membuat mantra-mantra tersebut dari bahasa Latin. Apa saja sih arti dari tujuh mantra populer tersebut?

1. Accio
Mantra ini merupakan modifikasi dari kata ‘accerso’. Dalam bahasa Latin, kata ‘accerso’ dapat diartikan sebagai memanggil atau mengambil. Mantra ini digunakan untuk mengambil sesuatu.

2. Confundo
Mantra ini untuk membingungkan lawan. Confundo adalah konjungsi orang pertama dari kata kerja Latin ‘confundere’. Awalan dari mantra ini yaitu ‘con’ berarti bersama-sama, sedangkan akhirannya yaitu ‘fundo’ memberikan arti mencampuradukkan. Oleh karena itu, apabila digunakan secara bersama-sama, mantra ini dapat mencampuradukan pemikiran atau membingungkan lawan.

3. Crucio
Mantra ini dipakai untuk menyiksa seseorang, juga merupakan salah satu kutukan tidak termaafkan sehingga yang mencoba-coba menggunakannya akan dihukum mati. Mantra ini berasal dari kata ‘cruciare’ yang berarti menyalib atau menyiksa.

4. Imperio
Termasuk kutukan yang tak termaafkan. Mantra ini berfungsi untuk memerintahkan atau mengontrol penyihir lainnya. Imperio berasal dari kata ‘imperium’ yang berarti saya memerintahkan.

5. Lumos
Mantra yang ini cukup populer. Berasal dari bahasa Latin yaitu ‘lumen’ yang dapat diartikan sebagai cahaya. Mantra yang satu ini berfungsi untuk menyalakan cahaya pada ujung tongkatnya.

6. Expelliarmus
Mantra ini terbentuk dari dua suku kata. Bagian pertama berasal dari kata Latin ‘expellere’ yang berarti mendorong atau memaksa keluar. Sedangkan yang kedua adalah ‘arma’ diterjemahkan menjadi senjata. Mantra ini digunakan untuk melucuti senjata lawan.

7. Wingardium Leviosa
Mantra ini digunakan untuk menerbangkan suatu objek. Terdiri dari beberapa kata, seperti ‘ard’ dari ‘wingardium’ kemungkinan berasal dari bahasa Latin ‘arduus’ yang berarti curam atau tinggi. Selain itu, ‘levi’ dari ‘leviosa’ juga dapat diartikan mengangkat. ** Baca juga: Para Arkeolog Temukan Keju Berusia Ribuan Tahun di Makam Kuno Mesir

Penasaran mencoba salah satu dari tujuh mantra di atas? (ilj/bbs)

Berita Terbaru