oleh

Institut Kemandirian Siap Cetak Pemuda yang Terampil di Banten

Kabar6-Institut Kemandirian Dompet Dhuafa bekerjasama dengan ReBach International Co,Ltd dari Korea Selatan meluncurkan program Re-Space. Program ini diluncurkan dengan tujuan menciptakan pemuda yang terampil dan mandiri serta mengentaskan isu pengangguran dan kemiskinan.

Direktur Institut Kemandirian Abdurrahman Usman mengatakan, program kerjasama Re-Space menyasar pemuda dengan rentang usia 17 hingga 35 tahun yang berstatus mustahik. Peserta berasal dari berbagai daerah di Indonesia, namun saat ini diprioritaskan untuk daerah Provinsi Banten.

Kerjasama dengan lembaga asal Korea Selatan ini memiliki semangat yang sama yakni sosial kemanusian dengan hasil sebagai entrepeneur. Para instruktur yang ada juga merupakan profesional dibidangnya.

“Untuk para penerima manfaat program ini yang ikut serta tidak dikenai biaya alias gratis seperti warga miskin, pengangguran dan tentu mereka yang masih usia produktif,” ujar Usman seperti dikutip, Senin (26/9/2022).

Kendati demikian, kata Usman, tidak menutup kemungkinan bagi warga yang sudah melebihi usia namun memenuhi ketentuan sebagai penerima manfaat akan dibuatkan kelas khusus.

**Baca juga:Cetak Generasi Pengusaha Unggul, IK Dompet Dhuafa dan Rebach Internasional resmikan Respace

Sementara itu, Muhammad Iqbal Adriansyah Project Manager Re-Space mengungkapkan rencana kerjasama terbangun sejak akhir 2020. Lantaran karena terdampak pandemi akhirnya tertunda dan baru terealisasi pada Juni 2021 dan diresmikan pada April 2022.

Melalui kerjasama Re-Space menghadirkan sejumlah program pelatihan dengan durasi singkat dengan konsep model bisnis sosial ekonomi yang berkelanjutan.

“Program unggulan kita adalah kelas 1 hari dimana terdapat kegiatan seperti membuat makanan dan furniture,” katanya.

Saat ini pelaksanaan program terlaksana di setiap hari Rabu, Jumat dan Sabtu yang berlokasi di Institur Kemandirian Dompet Dhuafa di Kecamatan Kelapa dua, Kabupaten Tangerang. (Oke)