oleh

Inilah Jenis Kalajengking Paling Agresif

Kabar6-Kalajengking adalah sekelompok hewan beruas dengan delapan kaki (oktopoda), yang termasuk dalam ordo Scorpiones dalam kelas Arachnida.

 

Kalajengking masih berkerabat dengan ketonggeng, laba-laba, tungau, dan caplak. Ada sekitar 2000 jenis kalajengking. Biasanya kalajengking muncul setelah hujan usai.

 

Nah berikut adalah beberapa jenis kalajengking yang paling berbahaya di dunia:

 

1. Death stalker, Leiurus quinquestriatus

Kalajengking ini berukuran 10-13 sentimeter. Berasal dari Timur Tengah dan Afrika Utara. Dikenal sebagai spesies yang memiliki racun paling mematikan.

 

Racun tersebut merupakan campuran dari berbagai racun neurotoxin yang sangat kuat dan dapat menyebabkan rasa sakit yang sangat tidak tertahankan, kemudian demam, diikuti dengan koma, kejang-kejang, kelumpuhan dan kematian.

 

2. Arabian Fat-tailed scorpion, Androctonus crassicauda

Berukuran sekitar 10 sentimeter, berasal dari Timur Tengah dan Afrika Utara. Racun yang dimiliki kalajengking ini dapat menyaingi racun Deathstalker, dengan tingkat neurotoxin yang tinggi.

 

3. Yellow Fat-tailed scorpion, Androctonus australis

Kalajengking yang berasal dari Timur Tengah, Afrika Utara, dan India ini berukuran lebih dari 9 sentimeter. Racun yellow fat-tailed bisa membunuh seseorang dalam waktu dua jam, apabila tidak segera diberi serumnya.

 

Sayang, untuk mendapatkan serumnya pun tidak mudah. Bahkan di Amerika pun masih sulit untuk mendapatkan serum ini.

 

4. Black Spitting Thicktail Scorpion, Parabuthus transvaalicus

Kalajengking yang berasal dari Afrika ini berukuran 12 sentimeter. Binatang mematikan ini mampu menyemburkan racun seperti halnya ular kobra, dan mencapai jarak satu meter.

 

Racun yang terkena mata dapat menyebabkan perih dan kebutaan sementara. Kebutaan itu menjadi permanen apabila tidak segera dibersihkan. ** Baca juga: Tokoh Dalam Film Ini Nyata

 

5. Striped bark scorpion, Centruroides vittatus

Kalajengking ini berasal dari Amerika Utara, berukuran 5-7 sentimeter. Sengatan kalajengking ini sangat menyakitkan, dan dapat berlangsung selama 15-20 menit. Bahkan beberapa orang mengalami hingga 2-3 hari.

 

6. Asian Forest Scorpion, Heterometrus longimanus

Kalajengking berukuran 10-12 sentimeter ini berasal dari Asia bagian selatan termasuk Indonesia. Asian forest jarang menyengat menggunakan ekornya, dan lebih sering menyerang dengan menggunakan capitnya yang cukup besar, untuk membuat korbannya terluka dan berdarah.

 

Racun yang dimiliki oleh Asian forest tidak mematikan, dan hanya sekuat sengatan tawon, karena jenis ini lebih mengandalkan capitnya yang kuat.(ilj)

Berita Terbaru