oleh

Ini yang Terjadi Saat Tubuh Tidak Cukup Tidur

Kabar6-Mengantuk adalah salah satu gejala kurang tidur, dan merupakan sinyal dari otak yang membutuhkan tidur. Saat tidur itulah, tubuh kita akan membangun dan memperbaiki sel tubuh.

 

Bagaimana jika tubuh kita kurang tidur? Salah satunya adalah diserang kantuk berlebihan, yang sering disebut hypersomnia.

 

Jika dibiarkan, Anda akan mengalami penyakit serius seperti narkolepsi (serangan tidur secara mendadak) atau sleep apnea. ** Baca juga: Operasi Plastik di Bangkok, ke Jade Leaf Aja

 

Nah apa saja yang akan terjadi jika tubuh kita kurang tidur?

 

1. Gampang Emosi

2. Kreativitas berkurang

 

3. Daya ingat dan kemampuan otak menurun atau melemah. Hal ini dapat menyebabkan seseorang akan merasa kesulitan untuk mengontrol emosi, atau saat mengambil keputusan.

 

4. Tahukah Anda jika rasa kantuk akan meningkatkan nafsu makan? Hal itu terjadi karena saat kekurangan tidur, otak akan kelelahan, sementara kita harus tetap beraktivitas.

 

Karena itulah tubuh secara otomatis membutuhkan tenaga tambahan. Untuk mencukupi energi tersebut, otak mengirimkan sinyal rasa lapar yang berlebihan. Jadi, jika Anda terus menerus merasa lapar dan sulit mengendalikan nafsu makan, bisa saja karena kekurangan tidur.

 

5. Gerakan kita lebih lamban, sehingga menjadi kurang produktif.

6. Kurang tidur membuat sistem koordinasi motorik menjadi buruk. Inilah yang dinamakan kurang konsentrasi.

 

7. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa pasangan yang kurang tidur lebih sering bertengkar dibandingkan dengan mereka yang cukup tidur. Termasuk juga merasa kurang dihargai satu sama lainnya.

 

8. Tidak cukup tidur membuat kita kadang mengalami kondisi tiba tiba tertidur dengan sendirinya saat sedang melakukan aktivitas. Misalnya tertidur di meja kantor, dan yang paling berbahaya adalah tertidur saat sedang berkendara.

 

Jadi, cukupkan waktu tidur Anda agar senantiasa siap beraktivitas keesokan harinya. (ilj)

Berita Terbaru