oleh

Ini yang Terjadi Jika Bersihkan Telinga Gunakan Cotton Bud

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Tidak sedikit orang yang membersihkan telinga menggunakan cotton bud. Padahal menurut para ahli, kebiasaan ini dinilai kurang tepat.

Peneliti dari American Academy of Otolaryngology, Dilansir Sindonews dari Daily Mail menjelaskan bahwa memasukkan benda asing ke dalam telinga, seperti korek kuping, menyebabkan masalah pendengaran hingga meningkatkan produksi serumen atau lilin telinga yang merupakan kotoran telinga berwarna kuning dan berminyak.

Dr Seth Schwartz, Ketua American Academy of Otolaryngology, menjelaskan jika sebagian besar orang mengorek telinga terlalu dalam dan menyebabkan serum terdorong lebih dalam ke saluran telinga.

Membersihkan telinga menggunakan cotton bud bisa merusak gendang telinga, merusak tulang rawan telinga, hingga menyebabkan infeksi. Akibatnya, timbul rasa nyeri, gatal, telinga terasa penuh, berdengung, aroma tidak sedap hingga gangguan pendengaran baik sementara atau permanen. Padahal, munculnya serumen merupakan hal yang normal. ** Baca juga: Teh Bisa Jadi Solusi Pengganti Susu Untuk Tulang Kuat

Serumen tergolong sebagai zat yang diproduksi dari dalam telinga dan secara alami akan melakukan pembersihan diri dengan keluar ke ujung saluran telinga. Serumen juga bertugas melindungi telinga dari masuknya kotoran atau debu. Bentuknya yang lengket akan membuat kotoran masuk lebih dalam ke saluran telinga.(ilj/bbs)

Berita Terbaru