oleh

Ini Latar Belakang Rencana Pembongkaran Islamic Center Kota Serang

Kabar6-Pemerintah Kota (Pemkot) Serang berencana akan menggusur bangunan Islamic Center yang berada tepat di depan Masjid Agung Ats-Tsauroh, Kota Serang, agar kedepan nantinya bisa disulap menjadi Masjid Agungnya Kota Serang.

Pemilihan Masjid Agung Ats-Tsauroh bukan tanpa alasan. Tapi karena disebabkan oleh rencana pembangunan sebelumnya yang sempat gagal, sehingga akhirnya pembangunan Masjid Agung Kota Serang ini terpakasa harus dipindah ke Masjid Agung Ats-Tsauroh.

Dengan ditetapkannya Masjid Masjid Agung Ats-Tsauroh sebagai Masjid Agungnya Kota Serang tersebut, menandakan keseriusan pemerintah Kota Serang dalam mengamankan kebijakan sebelumnya yang pernah dibuat, agar kedepan nantinya bisa diteruskan.

Menurutnya, rencana pembangunan Masjid Agung Kota Sereng di alun-alun Barat tersebut, sebelumnya pernah dilakukan pada masa kepemimpinan TB Khaerul Jaman yang ditandai dengan peletakan batu pertamanya, namun gagal.

Atas dasar itulah, lanjut Safrudin, pembangunan Masjid Agung Kota Serang terpaksa harus dipindahkan ke Masjid Agung Ats-Tsauroh, setelah sebelumnya mendapatkan masukan dari berbagai pihak agar sesuai harapan orang banyak.

Sisi lain, Pemkot Serang memiliki kewajiban untuk mengamankan kebijakan pemerintahan sebelumnya agar bisa dilanjutkan pada pembangunan selanjutnya.

“Tidak ada yang urgen, hanya memang desakan awal adalah soal Masjid Agung Kota Serang agar bisa dibuat. Karena sebelum saya bertugas (jadi Walikota,red) itu sudah ada peletakan batu pertama. Jadi kami saat ini hanya melanjutkan, itu sebuah tuntutan masyarakat dan para Kiyai. Bahwa dengan peletakan batu pertama pada waktu itu, ya mau tidak mau itu adalah kebijakan Pemkot, sekalipun kebijakan Pemerintah dulu, tapi kami akan tetap mengamankan kebijakan itu dan akan melanjutkan,” kata Safrudin.

Dengan dibongkarnya bangunan Islamic Center tersebut, diharapakan kedepan nantinya penampilan Masjid Agung Ats-Tsauroh sebagai Masjid Agungnya Kota Serang bisa lebih terlihat dari kejauhan dan dari depan.**Baca juga: Islamic Center Kota Serang Akan Dihancurkan.

“Sedangkan bangunan Islamic Center ini, pada 2021 nanti akan kita bangunkan bersamaan dengan asrama haji Kota Serang, letaknya antara di Terminal Kepandean atau di Penancangan,” tandasnya.(Den)

Berita Terbaru