oleh

Ini Yang Bikin Rano Karno Sedih Saat Hari Pahlawan

Kabar6-Moment peringatan Hari Pahlawan, ternyata menyembulkan kesedihan di hati Plt Gubernur Banten, Rano Karno.

Itu karena sudah tidak terpampangnya lagi foto pahlawan di dinding ruang sekolah. dan, itu bisa berarti bila kadar jiwa nasionalisme siswa sudah berkurang.

“Zaman saya sekolah dulu, saya masih lihat gambar-gambat pahlawan ada di kelas. Sekarang kan sudah ga ada. Ini yang harus kita kembalikan pada ruh itu,” ujar Rano Karno, usai menjadi pemimpin upacara hari pahlawan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Ciceri, Kota Serang (10/11/2014).

Dikatakan Rano, dulu ada Patimura, Diponegoro, dan itu bisa diketahui karena ada di dinding. “Itu membuat anak-anak bertanya, siapa ini? Dengan itu baru mereka belajar,” kata Rano lagi.

Selain menyoroti pelajar, Rano juga menyoroti perbedaan kadar jiwa nasionalisme antara Pegawai Negeri Sipil (PNS) dengan aparat Kepolisian dan TNI yang jauh berbeda. Dan, jiwa nasionalisme ini yang pada akhirnya harus dikembalikan lagi. **Baca juga: 10 November, Moment Pelajar Doakan Pahlawan.

“Kalau PNS itu kan menjadi pelajaran waktu mereka STPDN atau IPDN. Bukan berarti jiwa kepahlawannnya berkurang. Tentu kalau di bandingkan dengan TNI dan Polri kadarnya berbeda. Karena TNI Polri menjadi kurikulum kan,” terangnya.(tmn/din)

 

Berita Terbaru