oleh

Ini Wilayah Berpotensi Angin Puting Beliung di Kota Tangerang

Kabar6-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang memetakan sejumlah wilayah yang sering diterpa angin puting beliung.

“Priuk terus Neglasari tapi yang paling parah Priuk bahkan ada atap rumah sampai copot,” ujar Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Tangerang, Nana Supiana kepada Kabar6, Selasa (19/11/2019).

Nana mengatakan pihaknya bekerja sama dengan BMKG untuk melihat potensi wilayah ancaman tersebut. Seperti posisi mendung, posisi angin kencang, iklim cuaca, dan bahkan tekanan udara.

“Kita biasanya kerja sama dengan BMKG minta informasi sehingga kita bisa menyampaikan warning kepada masyarakat untuk waspada,” jelasnya

Potensi ancaman angin puting beliung tersebut tidaklah terlalu besar. Nana mengatakan, potensi itu hanyalah angin biasa. Namun kendati menyebabkan pohon tumbang karena kondisi pohon tersebut sudah terlalu tua sehingga tidak kuat menahan beban dari angin tersebut.

“Ada juga atap rumahnya tidak standar kena angin sedikit saja sudah copot, kayak di Priuk atapnya gak standar baru angin kecil sudah copot,” katanya.

“Kalau kita lihat kasus per kasus didalami variabel apa penyebabnya? Tapi secara umum, biasa angin kencang tidak asal-asalan ancaman itu kalau rumah tidak standar dan bisa juga humman error,” tambahnya.

**Baca juga: 9 Cabor ini Dipertandingkan di Pekan Olahraga Kota Tangerang.

Kendati demikian, Nana mengatakan tidak adanya potensi ancaman longsor yang terjadi di Kota Tangerang. Sebab letak geografis yang datar namun hanya berpotensi ancaman banjir, angin puting beliung dan kebakaran.

“Hampir tidak ada di Kota Tangerang karena geografis datar kecuali kabupaten yang ada galian tanah, pasir itu biasanya bikin longsor,” tandasnya. (Oke)

Berita Terbaru