oleh

Ini Waktu Tepat Pelonggaran PSBB Versi Pakar Epidemologi UI

Kabar6-Waktu yang tepat untuk pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) bukan sekarang. Berkaca dari DKI Jakarta itu kelihatan testingnya dengan jumlah penduduk patuh tetap di rumah saja bisa memberikan dampak yang luar biasa.

“Jadi kalau kita bisa tahan sebentar saja sampai habis lebaran itu insya Allah kita akan memasuki periode yang turun,” kata pakar Epidemologi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Pandu Riono di tayangan Mata Najwa, Rabu (13/5/2020) malam.

Ia berpandangan, jika saja pemerintah pusat menunggu relaksasi PSBB sampai dua pekan mendatang lagi maka sebelum Agustus itu bisa melepaskan satu tahapan melakukan pelonggaran.

PSBB mulai bisa dilonggarkan adalah kegiatan-kegiatan yang tidak langsung memberikan pelayanan publik. Hal itu yang paling penting karena kalau masih ada kegiatan pelayanan publik mesti jaga jarak.

Pandu bilang seperti cafe, warung yang jika mau dibuka tetap harus jaga jarak “Tapi untuk sekolah mungkin belum bisa. Mungkin sekolah nanti pada tahap SD, kampus mulai kemudian secara bertahap,” terangnya.

Industri manufacturing, lanjut Pandu, mulai bisa tapi tetap harus melakukan protokol kesehatan.**Baca juga: 1176 KPM Di Kecamatan Solear Dapat BPNT.

“Itu kita sudah melihat jenis-jenis pekerjaan apa saja yang memungkinkan paling rendah resikonya. Bukan berdasakan pada usia, tapi jenis pekerjaan,” jelasnya.(yud)

Berita Terbaru