oleh

Ini Tiga Sungai di Banten yang Tercemar Parah

Kabar6-Sejumlah sungai yang mengalir di Provinsi Banten kondisinya sudah tercemar parah. Bahkan, tiga sungai dimaksud, yaitu Sungai Ciujung, Cimanceri dan Cidurian, kini kondisinya masuk dalam kategori dari empat kategori tingkat pencemaran sungai.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Banten, M Husin Hasan, kemarin. Dia menyebut, untuk kategori tiga itu saja sudah parah, bahkan pihaknya tidak merekomendasikan untuk dikonsumsi.

“Kalau kategori empat itu maaf sudah seperti comberan. Untuk kategori tiga itu saja sudah parah, bahkan kita tidak rekomendasikan untuk dikonsumsi,” kata Husni.

Lebih lanjut, Husni menilai, masyarakat dihilir yang paling dirugikan akibat pencemaran sungai tersebut. Meski begitu, jika ada masyarakat yang ingin mengkonsumsi air dari sungai yang masuk dalam kategori tiga harus melalui proses pengolahan (treatment) terlebih dahulu.

“Jadi jangan dikonsumsi langsung yah, makanya kita rekomendasikan juga untuk tidak dikonsumsi. Tapi masalahnya masyarakat jarang mentreatment itu. Kalaupun benar-benar dikonsumsi harus di saring, diproses dan diolah dulu,” katanya.

Husni mengaku, jika perusahaan acap kali sering bermain kucing-kucingan dengan pemerintah. Ironisnya, berdasarkan temuan di lapangan, ada sejumlah perusahaan yang langsung membuang limbah ke sungai.

“Mereka (perusahaan, red) yang nakal itu jarang mengoperasikan Ipal (instalasi pengelolaan limbah). Karena selain waktu juga ada biaya yang lebih. Jadi nakalnya mereka itu langsung di by pass atau dibuang langsung ke sungai,” ujarnya.**Baca juga: Ibu Kota Dipindah, PDI : Banten Jangan Sampai Kehilangan Momentum.

Bahkan, Husni menilai dengan banyakanya industri di Banten, potensi degaradasi lingkungan akan semakin besar. Ia juga menegaskan, jika itu terjadi maka Banten tidak layak untuk dihuni.(Den)

Berita Terbaru