oleh

Ini Saran Airin Soal Layanan Akta Kelahiran Gratis

Kabar6-Kuantitas dan kualitas sistem layanan pembuatan akta kelahiran gratis keliling di Kota Tangerang Selatan (Tangsel), diharapkan mampu menjawab kebutuhan pentingnya administrasi kependudukan.

 

Saran itu disampaikannya langsung kepada pejabat terkait di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangsel. Maklum, program rutin ini setiap kali digelar, selalu diserbu oleh warga selaku pemohon.

 

Demikian diungkapkan Walikota Airin Rachmi Diany, saat dihubungi kabar6.com, Sabtu (13/6/2015). “Frekuensi diadakannya harus lebih sering lagi, sama sistem pelayanannya mesti meningkat,” ungkapnya.

 

Airin meminta, penyelenggaraan layanan buat akta kelahiran gratis di kecamatan tidak hanya sekali saja dalam satu semester anggaran kas daerah.

 

Ia meminta idealnya bisa lebih. Setiap kecamatan bisa menggelar empat kali program serupa. Airin berpendapat, penambahan kuantitas layanan dapat memberikan kesempatan bagi warga sekitar yang belum memiliki akta kelahiran.

 

“Kalau misalkan sekarang enggak sempat ngurus, kan masih ada kesempatan berikutnya. Dan rentang waktu antar pelayanan tahap pertama dan kedua jangan terlalu jauh,” sarannya.

 

Airin menambahkan, perangkat daerah di Disdukcapil dan kantor pelayanan kecamatan di tujuh wilayah Kota Tangsel juga  turut mempertimbangkan soal kualitasnya.

 

Misalnya, kebijakan memilih titik-titik lokasi penyelenggaraan layanan akta kelahiran gratis keliling.

 

Lokasinya bisa saja di pusat keramaian yang strategis. Seperti pasar tradisional dan pasar modern ataupun terminal angkutan kota. ** Baca juga: Ramadan, Kuliner di Tangsel Wajib Pasang Gorden

 

“Jadi enggak melulu di kantor kecamatan. Dengan begitu bisa lebih menjangkau warga yang letak rumahnya  jauh,” tambahnya.(yud)

Berita Terbaru