oleh

Ini Pesan Jokowi ke Pemkot Tangsel di Ambon

Kabar6-Presiden Joko Widodo mengingatkan kepada Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) untuk mampu menjalani dua program penting dalam roda pemerintahan.

 

Ada dua persoalan penting yang menjadi sorotannya, dan bila berhasil Jokowi siap mengucurkan dana segar sebanyak Rp100 miliar.

 

Wakil Walikota Tangsel, Benyamin Davnie, mengatakan pernyataan ini disampaikan Jokowi saat membuka acara rapat kerja nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) yang berlangsung di Kota Ambon.

 

Menurutnya, Jokowi menginginkan agar setiap kota punya ciri khas tertentu. Kesepakatan bersama itu sengaja dibuat dan untuk menggabungkan daerah yang masuk dalam kategori kota cerdas (smart city).

 

“Yaitu hutan dalam kota, dan keinginan dari presiden sudah kita realisasikan. ,” ungkapnya kepada kabar6.com saat menghadiri acara bebas kendaraan bermotor (car free day) di Serpong, Minggu (10/5/2015). ** Baca juga: Ramdani Tewas, Begini Kata Ketua PP Tangerang

 

Bang Ben, begitu ia biasa disapa memaparkan, keinginan dari Jokowi telah direalisasikan oleh Pemkot Tangsel. Daerah termuda di Banten ini sudah punya empat hutan kota yang dibuat untuk menambah ruang terbuka hijau.

 

Dua titik lokasi yang dimiliki oleh pihak swasta selaku pengembang kawasan yakni Hutan Kota I di Kecamatan Serpong dan Hutan Kota II di Kecamatan Setu. Sedangkan sisanya dibangun menggunakan APBD Kota Tangsel, yakni Hutan Kota Jombang di Kecamatan Ciputat dan Hutan Kota Pondok Benda di Pamulang.

 

“Artinya penghijauan akan mendapat perhatian yang akan kita kembangkan lagi nantinya,” paparnya. Jokowi, lanjut Ben, juga meminta kepada semua pemerintah kota untuk fokus dalam belanja yang sumber dananya berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

 

Hendaknya dalam penggunaan dana ini lebih diprioritaskan untuk alokasi belanja langsung. Sehingga kucuran dana yang dikeluarkan peruntukannya jelas untuk kepentingan publik.

 

Ben tegaskan, dua hal penting di atas yang disampaikan oleh Jokowi tidak hanya bagi Kota Tangsel saja. Tapi juga berlaku bagi 93 kepala daerah lainnya yang menghadiri kegiatan Rakernas Apeksi di Ambon.

 

“Itu akan terus kita pertahankan dalam setiap alokasi penggunaan anggaran daerah. Selain tema yang lainnya ya, itu yang diinginkan oleh presiden,” jelas Ben.(yud)

Berita Terbaru