oleh

Ini Penjelasan Seputar Mitos Dehidrasi

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Dehidrasi adalah gangguan dalam keseimbangan cairan atau air pada tubuh. Hal ini terjadi karena pengeluaran air lebih banyak daripada pemasukan (misalnya minum). Gangguan kehilangan cairan tubuh ini disertai dengan gangguan keseimbangan zat elektrolit tubuh.

Dehidarasi terjadi karena kekurangan zat natrium, kekurangan air, serta kekurangan natrium dan air.

Mungkin Anda pernah mendengar bahwa kita wajib mengonsumsi air sebanyak delapan gelas sehari. Kemudian jika tubuh sering merasa haus, itu berarti Anda mengalami dehidrasi.

Benarkah mitos tentang dehidrasi itu? Berikut penjelasannya, dikutip dari fimela.com:

1. Minum air putih delapan gelas sehari
Ternyata tidak ada penelitian yang membuktikan bahwa delapan gelas air adalah banyaknya air yang harus kita konsumsi dalam sehari. Minumlah sesuai dengan kebutuhan Anda.

2. Haus berarti dehidrasi
Haus adalah proses fisiologis yang justru memang terjadi untuk mencegah dehidrasi. Seiring aktivitas sehari-hari, Anda akan berkeringat sehingga tubuh kekurangan air.

Merasa haus artinya tubuh memberi tahu Anda untuk “mengisi ulang” cairan tubuh dengan air, agar tidak kekurangan air secara berlebih.

3. Air hanya bisa diminum
Walaupun air adalah cairan penting untuk tubuh kita, bukan berarti kita hanya bisa mengonsumsi air dengan cara diminum saja. Institute of Medicine mengatakan bahwa 20 persen dari air yang kita konsumsi itu harus datang dari makanan.

Banyak makanan yang mengandung air dengan takaran sama dengan segelas air putih. Semangka dan selada terbukti mengandung air lebih dari 90 persen.

4. Kopi dapat menyebabkan dehidrasi
Kopi, teh, atau minum berkafein lainnya ternyata tidak terbukti dapat menyebabkan dehidrasi. Mengonsumsi minuman kafein atau minuman manis secara berlebih, akan membuat tubuh lebih sering mengeluarkan cairan (pipis).

Ini disebut sebagai diuretik ringan. Namun bukan berarti Anda langsung mengalami dehidrasi, sehingga buru-buru menghindari kopi atau teh favorit. ** Baca juga: Upss, Wanita Rentan Infeksi Jika Tidur Pakai Celana Dalam

Semoga bermanfaat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru