oleh

Ini Pemicu Warga Kota Tangerang Banyak yang Pindah

Kabar6-Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Tangerang Erlan Rusnarlan mengatakan mengaku belum mengetahui secara pasti penyebab tingginya tingkat perpindahan warga Kota Tangerang ke daerah lain.

“Tapi berdasarkan surat pencabutan data kependudukan alasan mereka bermacam-macam,” kata Erlan, Jum’at 14/6/2019.

Menurut Erlan, alasan warga Kota Tangerang yang pindah ke daerah lain kebanyakan karena pindah ke perumahan yang lebih murah, karena pekerjaan dan pendidikan. Warga pindah ke daerah sekitar Provinsi Banten seperti Serang, Kabupaten Tangerang dan beberapa wilayah di Jawa Barat.

Erlan tidak menampik jika pendatang yang tidak ada keterangan pindah dari daerah asal lebih banyak. “Tapi kami hanya mengakui pendatang yang resmi melapor dan tercatat saja, karena pendatang yang mencari kerja harus ada KTP dan keterangan resmi.”

**Baca Juga:Urbanisasi, Kota Tangerang Klaim Banyak Warga yang Keluar Ketimbang Pendatang.

Disdukcapil Kota Tangerang mencatat dalam tiga tahun terakhir ini, jumlah pendatang yang resmi masuk ke Kota Tangerang jauh lebih sedikit dari jumlah warga Kota Tangerang yang keluar atau pindah ke daerah lain.

Berdasarkan data Disdukcapil Kota Tangerang, pasca Lebaran 2019 ini, di hari pertama masuk kerja Senin 10 Juni 2019 tercatat Lebaran pertama, pendatang 83 orang dan warga yang keluar 108 orang. Di hari kedua, pendatang 134 orang dan warga yang keluar 209 orang.

Sementara sepanjang tahun 2018, jumlah pendatang 846 orang dan yang keluar 968 orang. Tahun 2017, pendatang mencapai 4.930 orang sementara warga pindah ke daerah lain mencapai 44.617 orang. “Dari tahun ke tahun jumlah pendatang lebih sedikit dari yang keluar,” kata Erlan. (GFM)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru