oleh

Ini Manfaat Puasa Satu Kali dalam Seminggu

Kabar6-Salah satu cara yang dilakukan orang untuk menurunkan berat badan adalah dengan berpuasa. Ya, puasa sering dihubungkan dengan proses detoksifikasi, membakar lemak dan lain sebagainya.

Puasa juga dapat meningkatkan imunitas tubuh, perubahan secara fisiologi tubuh yang tidak bisa Anda dapatkan hanya dengan perubahan diet atau dengan olahraga. Melansir Boldsky, berikut sejumlah manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dengan melakukan puasa satu kali dalam seminggu:

1. Detoksifikasi tubuh
Setiapkali berpuasa, Anda membuang toksin-toksin sehingga menghasilkan tubuh yang lebih sehat. selain itu, dengan berpuasa Anda dapat memperbaiki proses pencernaan.

2. Memecah lemak
Saat Anda berpuasa, tubuh tetap membutuhkan energi, didapat dari glukosa yang sudah ada dalam tubuh. Kemudian tubuh akan membakar lemak juga untuk mencukupi kebutuhan energi. Begitulah cara menurunkan berat badan dengan puasa.

3. Perkuat imunitas tubuh
Salah satu keuntungan berpuasa satu kali dalam seminggu adalah memperkuat sistem imunitas tubuh. Dengan berbuka puasa dengan buah-buahan yang kaya mineral dan vitamin akan meningkatkan sistem imunitas tubuh.

4. Kontrol gula darah
Dengan berpuasa, tubuh akan memecah glukosa dalam darah untuk digunakan sebagai energi. Jumlah insulin yang dihasilkan tubuh juga semakin berkurang. Hal ini akan membantu tubuh menurunkan kadar gula darah.

5. Turunkan tekanan darah
Jika Anda menderita tekanan darah tinggi, puasa akan membantu mengontrolnya. Saat berpuasa, tubuh akan menurunkan produksi hormon seperti adrenalin yang menyebabkan tekanan darah naik.

6. Tenangkan saluran pencernaan
Saat Anda berpuasa, organ-organ yang bertanggung jawab dalam proses pencernaan dapat beristirahat dan bekerja lebih lambat karena hanya nekerja untuk memproses cairan tubuh.

7. Perbaiki pola makan
Dengan berpuasa secara teratur, akan mengontrol kebiasaan makan Anda. Ikuti proses puasa Anda dengan pola makan yang sehat. ** Baca juga: Apa yang Terjadi pada Tubuh Saat Alami Panik?

Benar-benar menguntungkan, bukan? (ilj/bbs)

Berita Terbaru