oleh

Ini Lima Gempa Bumi Paling Dahsyat

Kabar6-Gempa Bumi adalah getaran atau guncangan yang terjadi di permukaan Bumi, akibat pelepasan energi dari dalam secara tiba-tiba yang menciptakan gelombang seismik. Gempa Bumi biasa disebabkan oleh pergerakan kerak Bumi (lempeng Bumi).

 

Efek gempa Bumi sudah pasti dahsyat, dapat menghancurkan bahkan meluluhlantakkan isi dunia ini. Berikut adalah gempa terbesar dan terdahsyat yang pernah terjadi di muka Bumi:

 

1. Kamchatka, Rusia

Gempa Bumi yang terjadi pada 1952 ini berkekuatan 9 SR, di semenanjung Kamchatka, Rusia. Saat itu terjadi tsunami setinggi 13 meter, dan sempat mencapai Crescent City, California.

 

2. Pantai Timur Pulau Honshu, Jepang

Gempa Bumi ini terjadi pada 11 Maret 2011, berkekuatan 9,0 SR yang mengguncang Jepang selama enam menit. Tsunami yang ditimbulkan menelan korban jiwa sebanyak 29 ribu orang, merusak Fukushima, dan menyebabkan reaktor nuklir meledak.

 

Terdapat lebih dari 50 titik lokasi yang mengalami kerusakan parah akibat gempa tersebut. ** Baca juga: Gaya Makan Paling Aneh yang Pernah Ada

 

3. Lepas Pantai Sumatera Utara, Indonesia

Gempa yang terjadi pada 26 Desember 2004 ini berkekuatan 9,1 SR dan menelan korban jiwa sekitar 227 ribu orang. Akibatnya sebanyak 1,7 juta orang harus mengungsi.

 

Tsunami yang ditimbulkan berada di 14 titik, menyerang negara-negara di Asia Selatan hingga ke Afrika Timur.

 

4. Prince William, Alaska

Gempa Bumi ini terjadi pada 1964, berkekuatan 9,2 dan berlangsung selama tiga menit. Gempa ini menelam korban jiwa sebanyak 128 orang.

 

Akibatnya terjadi kerusakan di mana-mana termasuk tanah longsor, kekacauan jalur komunikasi, pipa gas pecah, listrik padam, dan tsunami yang menyebabkan kerusakan sepanjang daerah Hawaii.

 

5. Valdivia, Chili

Gempa ini terjadi pada 1960, berkekuatan 9,5 SR dan menelam koran jiwa sebanyak 1.665 orang. Akibatnya ribuan orang terluka dan jutaan orang kehilangan tempat tinggal.

 

Alam adalah titipan sekaligus karunia dari Yang Kuasa. Cintai, jagalah, dan rawatlah alam sekitar kita, sebagai salah satu bentuk syukur kita kepada Ilahi.(ilj)

Berita Terbaru