oleh

Ini Kisah Unik di Balik Terciptanya 5 Lagu Ngetop di Dunia

Kabar6-Menikmati lagu favorit dari penyanyi atau grup band idola, sering dilakukan tiap orang sambil bekerja, menyetir mobil, atau bahkan saat santai. Nah, di balik setiap lagu, ternyata ada cerita menarik atau unik selama penggarapannya.

Kisah tersebut tentu saja tidak semuanya bisa terungkap dalam liriknya. Melansir Detik, berikut lima cerita unik di balik penggarapan lagu-lagu terkenal di dunia:

1. ‘Yesterday’, The Beatles
The Beatles punya satu lagu berjudul ‘Yesterday’ yang dibuat dengan latar belakang unik. Penciptanya, Paul McCartney, suatu malam bermimpi tentang deretan melodi.

Ketika terjaga, ia langsung menuju piano dan memainkan melodi yang didengar dalam mimpinya itu. Namun irama itu tak bisa langsung dirilis.

Selama sebulan, McCartney bertanya kepada sesama musisi soal melodi itu. Ia khawatir telah menjiplak karya orang. Ketika tidak ada yang mengakuinya, ia kemudian yakin untuk melepas ‘Yesterday’ dalam album ‘Help!’.

2. ‘Le Freak’, Chic
Dua personel Chic, Nile Rodgers dan Bernard Edwards, saat itu tak mendapatkan izin untuk masuk sebuah kelab di New York, Studio 54. Padahal, mereka diundang langsung oleh Grace Jones yang lupa memberi informasi ke petugas keamanan kelab. Insiden itu kemudian melahirkan sebuah lagu berjudul ‘Le Freak’.

3. ‘Billie Jean’, Michael Jackson
Ternyata lagu ini diciptakan Michael Jackson ketika sedang mengemudi. Saking fokusnya, ia tak menyadari mobil yang sedang berada di sebuah jalan layang itu terbakar.

Sedangkan kisah lain menyebutkan, ‘Billie Jean’ berisi mengenai ancaman yang didapatkan Michael Jackson. Ia dituding menghamili seorang wanita.

4. ‘I Shot the Sheriff’, Bob Marley
Saat membuat lagu itu, Bob Marley sedang mempermasalahkan pil KB dengan kekasihnya. Pil itu diresepkan oleh seorang dokter yang kemudian diubah menjadi Sheriff di lagu tersebut.

Kisah itu kemudian memberikan inspirasi kepada musisi lainnya. John Brown, nama sheriff di lagu tersebut dipakai oleh Bob Dylan dan Bruce Springsteen dalam lagu mereka.

5. ‘White Room’, Cream
Setelah dirilis pada 1968, lagu berjudul ‘White Room’ langsung menjadi hits. Bahkan, para penggemar Cream langsung berspekulasi mengenai makna di balik lagu tersebut.

Namun Pete Brown, si pencipta lagu itu mengungkapkan, ‘White Room’ hanyalah monolog soal apartemen barunya. Kisah yang tidak penting memang, maka itu ia bingung kenapa lagu tersebut bisa begitu hits. ** Baca juga: Karyawan Kantor di India Pakai Helm dalam Ruangan untuk Hindari Cedera Kepala

Selalu ada kisah unik dalam sebuah karya terkenal.(ilj/bbs)

Berita Terbaru