oleh

Ini Khasiat Terapi Bekam Untuk Tubuh

Kabar6-Terapi bekam atau hijamah adalah tehnik pengobatan alternative dengan cara membuang darah kotor dari dalam tubuh melalui permukaan kulit.

Dalam bahasa arab bekam disebut hijamah yang berarti melepas darah kotor, dalam bahasa inggris disebut cupping dan dalam bahasa melayu dikenal istilah bekam, cantuk dan kop.

Bekam Al Barokah yang berlokasi di Perumnas 2, Kota Tangerang, melakukan praktek pengobatan alternative menggunakan terapi bekam, yang sudah terbukti manfaatnya sejak jaman dahulu kala.

Menurut Usman, terpis Bekam Al Barokah, merupakan metode pengobatan klasik yang telah digunakan dalam mengobati berbagai kelainan penyakit.

“Dalam terapi bekam, darah kotor yaitu darah yang tidak berfungsi lagi dan tidak diperlukan tubuh harus dibuang. Pembuangan darah kotor ini kemudian akan merangsang pembentukan darah baru. Dan darah yang baru akan mensuplai zat gizi pada organ-organ yang sakit dengan lebih baik. Inilah yang menyebabkan organ tubuh semakin sehat,” kata Usman kepada kabar6.com.

Metode kerjanya dengan menempatkan gelas bekam dititik tertentu, kemudian diolesi dengan alcohol 75 persen agar steril, proses berikutnya dibekam hingga kulit terlihat tertarik dan berwarna kemerahan.

Selanjutnya permukaan kulit (epidermis) disayat dengan pisau bedah atau silet steril sehingga akan keluar darah kotor. Setelah darah keluar disedot lagi dengan bekam hingga keluar getah bening. Getah bening ini yang berfungsi menutup lapisan yang tersayat.

“Asal dilakukan dengan benar dan steril, bekam tidak berbahaya. Karena yang tersayat hanya lapisan kulit luar, tidak sampai ke dalam lapisan daging. Biasanya 3 hari luka sudah sembuh dan mengering,” jelas pria ramah ini.

Walaupun tidak berbahaya, bekam tidak dianjurkan untuk penderita diabetes, pasien yang fisiknya lemah, penderita infeksi kulit merata, kanker darah, sedang hamil dan rentan keguguran kandungan, hepatitis A dan B, penderita anemia serta pasien yang sedang menjalani cuci darah.

Jika dilakukan bekam pada golongan ini, dimungkinkan akan terjadi efek samping yang tidak diinginkan. **Baca juga: Ini Tips Anti Jerawat Ala Dr Maria Inggrawati Komala.

Khasiat terapi bekam, diantaranya adalah sebagai berikut;

1. Membersihkan darah.
2. Meningkatkan aktivitas syaraf tulang belakang.
3. Mengobati penyakit asam urat.
4. Menghilangkan memar-memar dan ketegangan pada otot.
5. Menyembuhkan asma, pnemonia, dan angina pectoris.
6. Menyembuhkan pusing-pusing, migrain, dan sakit gigi.
7. Mengobati penyakit mata dan rabun.
8. Mengobati rematik, encok dan pegal-pegal di pinggang.
9. Mengatasi gangguan tekanan darah & pengapuran pembuluh darah (arterioscleriosis).
10. Mengatasi sakit bahu, dada dan punggung.
11. Mengatasi kemalasan, kelesuan dan banyak tidur.
12. Mengatasi jerawat, luka-luka, bisul, dan gatal-gatal pada kulit.
13. Mengatasi penyakit jantung dan radang ginjal yang parah.
14. Mengatasi keracunan.
15. Mengatasi luka-luka bernanah.

Sedangkan penyakit yang dapat disembuhkan dengan terapi bekam, antara lain;

1. Darah tinggi.
2. Stroke.
3. Kolesterol.
4. Impotensi.
5. Jantung.
6. Sinusitis.
7. Ginjal.
8. Insomnia.
9. Liver.
10. Parkinson.
11. Migrain.
12. Thypus.
13. Hepatitis.
14. Diabetes melitus.
15. Rheumatik.
16. Narkoba.
17. Sakit kepala.
18. Sakit mata.
19. Ambeien.
20. Sakit gigi.
21. Batuk.
22. Kegemukan.
23. Vertigo.
24. Jerawat.
25. Prostat.
26. Asam urat.
27. Susah buang air besar.
28. Maag.
29. Epilepsi.
30. Dan lain-lain.(fitrah)

Berita Terbaru