oleh

Ini Kata Polsek Pasar Kemis Soal Penyerangan Ulama KH. Uci Turtusi

Kabar6-Polsek Pasar Kemis mengeluarkan keterangan resmi ihwal aksi nekat seorang pria yang mengamuk di pondok pesantren Al Istiqlaliyyah Kampung Cilongok, Desa Sukamantri, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, pada Sabtu  (26/9/2020), malam.

Dalam keterangan pers tersebut, polisi menjelaskan kronologi kejadian hingga diamankannya pria yang diduga tak waras tersebut.

Kanit Reskrim Polsek Pasar Kemis Iptu Ucu Nuryadin mengatakan, pria bernama Sugiono (55), asal Bondowoso- Jawa Timur yang tinggal Perum Rajeg Gardenia, Blok D 12 No.9, Desa Rajeg Mulya, Kecamatan Rajeg, Kabupaten Tangerang ini mengamuk lantaran tak diijinkan bertemu dengan KH. Uci Turtusi, ulama besar pengasuh pondok pesantren Al Istiqlaliyyah Cilongok.

Pelaku pertama kali datang ke pondok pesantren Pukul 17.00 WIB, disaat Abuya Uci sedang mengajar ngaji persis di aula kediamannya.

Pelaku ingin masuk, namun dicegah oleh santri. Kemudian pelaku keluar dari lingkungan pondok pesantren dengan menggeber sepeda motornya.

“Saya luruskan pelaku tidak bawa golok,” ungkap Ucu.

Setelah itu, kata dia, pelaku datang kembali sekira Pukul 19.00 WIB dan memaksa masuk ingin bertemu Abuya Uci, namun terlihat gelagat yang kurang baik.

Sehingga pelaku dibawa ke kantor sekretariat Kobong ponpes Al Istiqlaliyyah. Sesampainya di kantor sekretariat, pelaku yang diduga depresi tersebut mengamuk sehingga terjadi insiden keributan dengan santri yang ada di lokasi.

“Setelah kejadian itu pihak pondok pesantren Al Istiqlaliyyah menghubungi Polsek Pasar Kemis untuk meminta bantuan pengamanan. Mendapat informasi itu saya dan tim piket reskrim langsung mendatangi TKP dan membawa pelaku ke Polsek Pasar kemis untuk dimintai keterangannya,” katanya.

Berdasarkan keterangan saksi lurah Kobong, Subkhi yang mengamankan pertama kali pelaku menyatakan bahwa tidak ada membawa senjata tajam.

**Baca juga: Kapolsek Pasar Kemis Luruskan Penyerangan Ulama KH. Uci Turtusi.

Saat ini keluarga dan ketua RT sudah hadir di polsek dan dari keterangan singkat rekan maupun keluarga pelaku yang diamankan, bahwa pelaku mengalami tingkah laku aneh selama sepekan terakhir ini.

“Saat dimintai keterangan, dia terlihat sperti orang ling lung,” kata Ucu.(CR/Tim K6)

Berita Terbaru