oleh

Ini Kata Pemkot Tangsel Pengguna Dana Kelurahan Banyak Honorer

Kabar6-Masih banyak pegawai pengelola anggaran kelurahan di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) status masih honorer. Dana kelurahan disebutkan telah masuk dalam postur APBD 2019 dan segera dikucurkan ke 54 wilayah setempat.

Kabag Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Tangsel, Widodo Hari Lusinto tak membantah hal di atas. Ia mengakui masih terdapat aparatur daerah mulai dari sekretaris kelurahan, kepala seksi serta bendahara belum dilantik.

“Ya, sabar saja,” katanya kepada kabar6.com, Jum’at (18/1/2018). Widodo mengisyaratkan seluruh aparatur pengguna serta pengelola dana kelurahan berstatus PNS.

“Nanti juga dilantik,” ujar Widodo. Meski demikian ia tak dapat memastikan kapan waktu pelantikan dan sumpah jabatan sekretaris kelurahan hingga bendahara.

Saat ditanyakan terkait kewenangan penunjukan dan pelantikan pejabat tersebut ada di tangan Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany. “Ya mas tau sendiri lah,” singkat Widodo sambil tersenyum.

Perlu diketahui, dana kelurahan sebesar Rp 3 triliun akan dialokasikan kepada 8.122 kelurahan di Indonesia. Mekanisme penyalurannya akan melalui dana alokasi umum yang dianggarkan di Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2019.**Baca juga: Lagi, Tronton Kosong & Portal Ditutup Jadi Biang Kemacetan Perbatasan Legok-Parung.

Pemerintah pusat akan mengelompokkan kelurahan menjadi tiga kategori, yaitu kelompok kelurahan yang sudah baik, kelompok kelurahan yang masih sedang, dan kelompok kelurahan tertinggal.(yud)

Berita Terbaru