oleh

Ini Juara Festival Batu Akik Nasdem di Tangsel

Kabar6-Festival batu akik yang dihelat Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasdem Provinsi Banten, di Jalan Ciater Baret, no 27-A/B, Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel), akhirnya memunculkan juara.

Dari penilain dua juri ahli batu mulia, Warli Latumena dan Alamsyah, juara satu dan dua di raih oleh H. Nunung, asal rangkas Bitung, Lebak, Banten, dengan batu Kalimaya hitamnya (black Opal).

Sedangkan juaran tiga, diraih oleh Andre Somanegara alias Black, warga Lengkong Karya, Serpong Utara, Tangsel dengan batu panca warna edong asal Garut. “Kualitas ketiga batu ini sangat bagus,” ujar Alamsyah.

Untuk kalimaya hitam juara 1 dan 2, keunikannya terletak pada kepekatan batu. Meskipun warna warninya sama, juara kedua masih terdapat warna kecoklat-coklatan dan keungu-unguan.

Dan, lanjut Alamsyah, batu-batu akik yang berasal dari Rangkas Bitung, Lebak, Banten, sejak beberapa tahun laluĀ  sudah di kenal di tingkat internasinal. Bahkan harganya semakin hari semakin meningkat.

“Ini adalah potensi daerah yang luar biasa. Sehingga bila bejalan baik, nantinya bisa menambah masukan bagi Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN),” kata dia.

Ketua DPW Partai Nasdem Provinsi Banten, Wawan Irawan mengatakan, festival batu akik yang digelar di Tangsel kali ini, merupakan dobrakan dariĀ  partai Nasdem untuk merestorasi perekonomian di daerah Banten.

Caranya, kata dia, mengajak para Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk lebih meningkatkan usaha di bidang tersebut. **Baca juga: Sehari, Festival Batu Akik Nasdem Raup Rp300 Juta.

“Ini adalah potensi daerah yang luas biasa. Sehingga bila bejalan baik, nantinya bisa menambah masukan bagi Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN),” kata dia.(tmn/tom migran)

Berita Terbaru