oleh

Ini Jatah Blangko e-KTP Per Hari Kecamatan di Tangsel

Kabar6-Kementerian Dalam Negeri RI hanya memberikan jatah blangko e-KTP sebanyak 500 keping per minggu. Kelangkaan blangko untuk dicetak bagi warga di Indonesia yang memenuhi syarat terjadi secara nasional.

“Makanya pencetakan blangko e-KTP kami atur di setiap kecamatan. Ya karena kebutuhan per hari sebenarnya 1000 keping per hari,” ungkap Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tangsel, Dedi Budiawan, Jum’at (12/7/2019).

Ia menyebutkan, setiap hari kecamatan Setu disuplai sebanyak 5 blangko. Sementara di Kecamatan Ciputat, Ciputat Timur dan Serpong 15 blangko, Kecamatan Pondok Aren dan Pamulang 20 blangko.

Dedi menuturkan, dengan jumlah blangko yang terbatas, pencetakan KTP el di masing-masing kecamatan, diprioritaskan bagi pemohon e-KTP pemula yang baru berusia 17 tahun.

“Untuk yang baru berusia 17 tahun saja, permohonan per hari 200. Kalau rata-rata permohonan secara keseluruhan itu 1000. Artinya 800 pemohon karena pemutahiran data, pinda datang, hilang atau lainnya itu dengan suket,” terang Dedi.

Berdasarkan keterangan Dirjen Dukcapil Kemendagri, lanjut Dedi, blangko ktp el yang kosong saat ini tengah memasuki proses lelang, untuk pengadaannya.**Baca juga: 12 Pejabat Lapas Terbuka Ciangir Dilantik.

“Diharapkan Agustus atau paling lambat September, ketersediaan blangko normal kembali,” tambahnya.(yud)

Berita Terbaru