oleh

Ini Jadwal Tes Kesehatan Bakal Calon Pasangan Walikota Tangerang

Kabar6-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang bakal menggelar pemeriksaan terhadap bakal calon pasangan walikota pada Pilkada 2018.

Anggota KPU Kota Tangerang Banani Bahrul mengatakan, pemeriksaan kesehatan akan dilaksanakan dalam rentang waktu 8 hingga 15 Januari 2018. Dan ada beberapa aspek.

“Tim pemeriksa kesehatan akan memeriksa tiga aspek, yakni aspek jasmani yang meliputi pemeriksaan kesehatan medik-fisik, aspek rohani yang meliputi pemeriksaan psikiatri dan psikologis, dan aspek bebas narkotika dan psikotropika dengan menggunakan sampel urine,” ungkapnya, Selasa (2/1/2018).

Tujuan pemeriksaan, kata Bahrul, untuk mengetahui kemampuan jasmani dan rohani pasangan calon dalam melaksanakan tugas dan kewajiban. Selain itu, pemeriksaan kesehatan jiwa untuk mengetahui kemampuan paslon dalam melakukan observasi, menganalisis, membuat keputusan, dan mengomunikasikannya.**Baca Juga: Pilkada, KPU Kota Tangerang Bentuk Tim Pemeriksa Kesehatan.

“Tidak berarti harus bebas dari penyakit atau kecacatan, melainkan setidaknya paslon harus dapat melakukan kegiatan fisik sehari-hari secara mandiri tanpa hambatan yang bermakna dan tidak memiliki penyakit yang diperkirakan akan mengakibatkan kehilangan kemampuan fisik dalam lima tahun kedepan,” paparnya.(az)

Berita Terbaru