oleh

Ini Herbal dan Makanan Peningkat Imunitas dari Berbagai Negara

Kabar6-Jamu mendadak menjadi primadona saat pandemi COVID-19. Tidak hanya kunyit, jahe, dan sereh, bawang putih pun makin laris karena berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh.

Hal itu karena memang belum ada obat dan vaksin untuk COVID-19, sehingga daya tahan tubuh dan perilaku menjaga kebersihan jadi ‘benteng’ yang harus dibangun oleh setiap individu.

Meski tak diresepkan oleh dokter dan bukan dikategorikan sebagai obat farmasi, makanan fungsional atau nutraceutical memiliki kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Khasiat makanan itu biasanya dipercaya secara empiris, dan sebagian sudah melewati riset ilmiah.

Hampir setiap negara memiliki resep dan makanan fungsional yang dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Melansir Femina, ini herbal dan makanan peningkat imunitas dari sejumlah negara:

1. Korea Selatan (Korsel)
Korsel memiliki ginseng merah dan propolis. Penjualan makanan fungsional meningkat tajam selama Februari lalu. Di jaringan hypermarket Homeplus, penjualan produk ginseng merah meningkat 260 persen.

Sementara Lotte Homeshopping, penjualan suplemen termasuk ginseng merah dan propolis, pada periode 1-17 Februari meningkat 137 persen.

2. Iran
Akar tumbuhan bakung biasa dibuat sup bersama wortel dan aneka herbal untuk menjaga daya tahan tubuh saat musim dingin, serta meredakan gejala flu dan batuk. Kandungan vitamin C, A, antioksidan dalam akar bakung dipercaya ampuh meningkatkan imunitas dan meredakan peradangan.

3. Spanyol
Sup gazpacho yang terbuat dari tomat, bawang bombay, bawang putih, mentimun, merica, extra virgin olive oil, dan sherry vinegar jadi andalan untuk menghalau selesma.

4. Italia
Licorice (Glycyrrhiza glabra) yang kaya akan kandungan glycyrrhizin, dibuat menjadi semacam sirop jadi andalan untuk meningkatkan imunitas, antiradang, dan antivirus. ** Baca juga: Jangan Sembarangan Konsumsi Suplemen Kesehatan

5. Swiss
Untuk membuat tubuh kuat menghadapi penyakit musiman saat musim dingin, sea buckthorn berries dan elderberries jadi andalan dan dipercaya sejak zaman dahulu.

Para produsen suplemen tentu memiliki bahasa marketing yang menggoda dan meyakinkan, dan Anda sah-sah saja mengonsumsinya. Namun para pakar kesehatan mengingatkan, untuk mendapatkan daya tahan tubuh yang baik, suplemen saja tak cukup.

Anda perlu cukup istirahat, makanan bergizi, olahraga, dan menjauhi hal yang bisa memberi efek buruk bagi tubuh seperti rokok.(ilj/bbs)

Berita Terbaru