oleh

Ini Fakta 4 Metode Penurun Berat Badan

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Demi mendapatkan tubuh indah bak model dunia, ada banyak cara dilakukan wanita, termasuk jalan singkat untuk menurunkan berat badan. Antara lain dengan obat-obatan, alat, atau jenis terapi tertentu.

Namun apakah cara-cara seperti itu termasuk efektif? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, dikutip Klik Dokter, berikut adalah fakta di balik berbagai metode untuk turunkan berat badan:

1. Obat pelangsing
Obat-obatan atau teh pelangsing yang mengklaim bisa bantu turunkan berat badan secara instan banyak beredar di pasaran. Biasanya, obat jenis ini bekerja dengan menekan nafsu makan dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Meski demikian, efektivitasnya masih dipertanyakan. Belum lagi kemungkinan terjadinya efek samping jangka panjang. Beberapa efek yang bisa timbul seperti gelisah, cemas, berdebar-debar, dan tekanan darah atau denyut jantung yang meningkat.

2. Alat kavitasi
Anda mungkin sudah mengenal istilah ‘setrika badan’. Dalam dunia medis, istilah ini sebenarnya merupakan prosedur medik yang dilakukan dengan alat bernama kavitasi.

Prosedur ini memang tengah menjadi primadona di berbagai klinik kecantikan. Alat ini dianggap sebagai jawaban instan bagi mereka yang malas diet atau olahraga untuk turunkan berat badan.

Namun di antara para praktisi medis, efektivitas alat kavitasi untuk menurunkan berat badan masih diperdebatkan. Pasalnya, alat ini baru akan memberikan manfaat yang signifikan bila digunakan saat dilakukan prosedur sedot lemak.

3. Pijat atau massage
Pijat terbukti bermanfaat untuk menghilangkan stres, melemaskan otot, dan relaksasi. Namun ada juga yang mengklaim bahwa teknik pijat dapat luruhkan lemak bahkan dalam sati kali terapi bisa turun hingga 2– 3 cm.

Sebetulnya teknik yang satu ini tidak terlalu banyak memberikan manfaat dalam menurunkan berat badan, sebab pemijatan tidak akan mengubah proses metabolisme tubuh ataupun membantu pembakaran lemak dan kalori.

4. Roller pipi
Roller pipi atau ‘setrika pipi’ pada umumnya menggunakan metode yang disebut dengan radiofrequency (RF). Tindakan ini bertujuan untuk merangsang kolagen melalui energi panas yang dihasilkan agar kulit ‘tertarik’ dan tampak kencang serta tirus. RF perlu dilakukan secara rutin dan tidak memberikan hasil yang permanen.

Sebenarnya masih banyak metode untuk turunkan berat badan lainnya yang belum benar-benar terbukti efektif. Malah terkadang setelah berhenti melakukan metode tersebut, berat badan kembali ke angka semula atau justru melonjak tajam. ** Baca juga: Waktu Makan Siang Pengaruhi Berat Badan, Ini Alasannya

Menurunkan berat badan yang sudah terbukti secara medis adalah dengan mengatur asupan kalori dan berolahraga untuk membakar lemak. Meski hasil yang didapat tidak instan, namun dapat bertahan lama dan tidak naik turun.(ilj/bbs)

Berita Terbaru