oleh

Ini Dugaan Korupsi Proyek Asrama STPI Curug

Kabar6-Kejaksaan Negeri Tigaraksa, menemukan adanya dugaan korupsi pada proyek pembangunan dua gedung asrama reguler di Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug, Kabupaten Tangerang.

Proyek Kementrian Perhubungan yang menelan dana sebesar Rp22 miliar pada Tahun Anggaran 2013 (tahap satu), dan Rp22 miliar pada 2014 (tahap dua) ini ditengarai merugikan keuangan negara.

Kedua proyek tersebut dikerjakan oleh dua perusahaan berbeda yakni, PT Ide Murni dan PT Pangkaho Megah.

“Hasil cek fisik pekerjaan, ditemukan adanya dugaan penyimpangan dalam pembangunan asrama reguler STPI Curug tahun 2013 dan 2014,” ungkap Kepala Seksi Intelijen Kejari Tigaraksa, Hadiyanto, kepada Kabar6.com, Selasa (18/11/2014).

Berikut dugaan korupsi yang terjadi di proyek pembagunan asrama reguler STPI Curug versi Kejari Tigaraksa :

* Diduga proyek dikerjakan tidak sesuai dengan spesifikasi teknis. Sehingga, asrama reguler tersebut saat ini sudah mengalami kerusakan dan juga ada beberapa dari konstruksi gedung yang belum selesai dikerjakan namun tetap dibayar 100 persen.

* Pada tahun 2014, Kementrian Perhubungan, kembali menganggarkan untuk kegiatan pembangunan asrama reguler STPI tahap II, dengan anggaran sebesar Rp22, 797,250,000, dimana dalam pelelangan kegiatan tersebut di menangkan oleh PT Pangkaho Megah.

Padahal, persyaratan perusahaan itu dalam pelelangan tidak lengkap. Perusahaan itu masuk dalam daftar hitam (blacklist), namun PT Pangkaho Megah, tetap dimenangkan dalam kegiatan tersebut.

* Pembangungan proyek itu diduga dilaksanakan tidak sesuai dengan ketentuan dan terdapat beberapa pekerjaan yang belum selesai dikerjakan. **Baca juga: Proyek Asrama STPI Curug Diduga Bermasalah.

Sehingga, untuk menutupi pekerjaan yang belum diselesaikan tersebut, dianggarkan kembali proyek itu dan dalam proses lelangnya diduga terjadi konspirasi untuk memenangkan perusahaan yang dimaksud.

Hal ini, jelas merupakan perbuatan yang dapat mengakibatkan kerugian keuangan negara.(din)

Berita Terbaru