oleh

Ini Dia Tanaman Pemakan Daging

Kabar6-Mungkin sebagian dari kita hanya mengetahui jika tumbuhan membuat makanannya di daun, dan diolah dengan bantuan sinar matahari. Makanan itu lalu disebar ke seluruh bagian tumbuhan.

 

Namun tahukah Anda jika ada juga tanaman yang memakan daging seperti serangga? Berikut adalah tanaman yang dikategorikan sebagai karnivora alias pemakan daging.

 

1. Sarracenia

Disebut juga tanaman Pitcher. Tanaman telah berevolusi menjadi corong. Serangga yang tertarik oleh warna, bau, dan sekresi nektar akan jatuh ke dalam. Serangga itu akan mati dan dicerna oleh protease dan enzim lainnya.

 

2. Nepenthes

Disebut juga tumbuhan cangkir monyet. Sebagian besar spesies Nepenthes adalah tanaman merambat. Dari batang akan sering melihat pedang seperti daun berkembang, dengan sulur menonjol dari ujung daun.

 

Pitcher bentuk pertama sebagai bola kecil, berisi cairan, yang dihasilkan oleh tanaman, berfungsi untuk menenggelamkan dan mencerna serangga. ** Baca juga: So Sweet, Kisah Cinta Sehidup Semati

 

3. Genlisea

Dikenal sebagai tanaman pembuka botol. Genlisea adalah tumbuhan kecil dengan bunga kuning yang memanfaatkan perangkap lobster untuk menjerat mangsa.

 

4. Darlingtonia Californica

Disebut Bunga California atau Lilly Cobra. Daunnya bulat dan membentuk rongga kosong, dengan bukaan yang terletak di bawah balon, bengkak seperti struktur dan dua menunjuk daun tergantung dari ujung seperti taring.

 

5. Utricularia

Utricularia merupakan satu-satunya tanaman karnivora yang menggunakan perangkap kandung kemih. Saat rambut pemicu jatuh, pintu perangkap terbuka, untuk kemudian menghisap serangga dan air di sekitarnya, dan menutup pintu lagi, semua dalam hitungan 10 ribuan per detik.

 

6. Pinguicula

Merupakan sekelompok tanaman karnivora yang menggunakan zat lengket, kelenjar daun untuk memikat, menjebak dan mencerna serangga.

 

7. Drosera

Dikenal sebagai Sundews, yang dicirikan oleh kelenjar tentakel bergerak, diatapi dengan cairan lengket manis. Ketika serangga tanah lengket pada tentakelnya , tanaman ini dapat menggerakkan tentakel ke arah serangga untuk menjebak.

 

8. Byblis

Disebut juga tanaman pelangi. Permukaan daun benar-benar tertutup rambut kelenjar yang melepaskan zat mucilaginous lengket, yang pada gilirannya menjadi perangkap serangga kecil pada daun atau tentakel sebagai perangkap flypaper effect pasif.

 

9. Aldrovanda vesiculosa

Dikenal sebagai tanaman kincir air. Daun perangkap tumbuh sepanjang batang dekat pusat tanaman. Perangkap melekat pada petioles, yang berisi udara, dan membantu dalam pengapungan. Kecepatan perangkap menutup adalah 10 mili/detik, membuatnya menjadi salah satu contoh gerakan tercepat tanaman dalam kerajaan hewan.

 

10. Dionaea Muscipula

Lebih dikenal sebagai penangkap lalat Venus, yang memakan serangga dan arakhnida. Penangkap lalat Venus merupakan tanaman kecil yang memiliki 4-7 daun yang tumbuh dari batang bawah tanah pendek.

 

Unik bukan ciptaan Tuhan? (ilj)

Berita Terbaru