oleh

Ini Dia Perbatasan Negara yang Unik

Kabar6-Perbatasan adalah garis khayalan yang memisahkan dua atau lebih wilayah politik atau yurisdiksi seperti negara, negara bagian atau wilayah subnasional.

 

Nah, tiap negara yang bertetangga tentu saja memiliki batas wilayah yang sudah disepakati. Batas itu dapat berupa tugu ataupun tanda lainnya.

 

Namun tahukah Anda, ada beberapa negara yang memiliki batas sangat unik. Negara mana sajakah itu? ** Baca juga: Mana Saja Negara Terkecil Di Dunia?

 

1. Derby Line, Vermont

Kota Derby Line melintasi AS dan perbatasan Kanada. Perbatasan melewati menembus kota, bahkan melalui beberapa bangunan dan rumah.

 

Dalam beberapa kasus, sebuah keluarga masak sarapan pagi di Kanada dan memakannya di AS. Situasi lainnya adalah, panggung opera berada di Kanada, tetapi pintu masuk ke opera dan sebagian besar kursi panggung berada di Amerika Serikat. Karena itulah, gedung yang berada di perbatasan ini memiliki dua alamatyaitu di AS dan Kanada. Lucu ya…

 

2. Sungai Tumen

Merupakan sungai di timur laut Asia. Di daerah dekat pantai, di perbatasan antara Rusia dan Korea Utara, hanya untuk bagian selatan Danau Khasan, Tumen luar di antara Rusia dan Korea Utara dan sebenarnya di wilayah Tiongkok.

 

Anda bisa mulai dari Korea Utara, hanya dengan berjalan kaki ke utara kurang dari setengah mil, Anda akan melewati Tiongkok, dan berakhir di Rusia. Kondisi ini menyebabkan wilayah tersebut menjadi tempat penyeberangan umum di Korea Utara. Karena itulah, perbatasan ini dijaga ketat oleh tentara Korea Utara.

 

3. Mount Everest

Tidak banyak orang yang tahu bahwa perbatasan Nepal dan Tiongkok berada tepat di tengah-tengah gunung tertinggi di dunia itu, termasuk puncak gunung. Dan ini juga merupakan daerah perbatasan tertinggi di dunia.

 

4. Perbatasan Baarle-Nassau/Baarle-Hertog

Baarle-Nassau adalah sebuah Kota di Belanda, terdiri dari 26 bagian terpisah dari wilayah yang dikelilingi oleh Baarle-Nassau.

 

Tetapi beberapa bagian dari Baarle-Hertog juga daerah milik Baarle-Nassau. Bagian wilayah terkecil milik Belgia hanya dua pertiga (seperempat hektar). Perbatasan di sini begitu rumit, sehingga ada beberapa rumah yang terbelah menjadi dua bagian perbatasan.

 

5.Pulau Diomede

Merupakan sepasang pulau di Selat Bering, dengan populasi 146 milik Amerika dan Big Diomede milik Rusia yang tak berpenghuni. Dua pulau terpisah hanya sekitar 2,5 mil. International Date Line lewat di antara Diomedes dan berfungsi juga sebagai perbatasan antara Amerika Serikat dan Rusia.

 

Jadi, ketika warga di Little Diomede melihat ke seberang selat di Big Diomede, mereka tidak hanya melihat negara lain, namun mereka juga akan melihat hari esok. Misalnya, ketika pukul sembilan adalah hari Sabtu di Little Diomede, sedangkan di Big Diomede sudah pukul sepuluh pada hari Minggu.

 

Itulah kelima batas negara yang unik dan tidak biasa. Seru ya…(ilj)

Berita Terbaru