oleh

Ini Dia Kelainan Ekstrem Pada Mata yang Pernah Ada di Dunia

Kabar6-Mata adalah jendela hati. Dari pancaran mata, kita pun dapat mengetahui baik kondisi fisik maupun psikis seseorang.

 

 

Mata yang bening tentu saja merupakan impian setiap orang. Beberapa penyakit mata seperti mata minus, katarak, glaukoma, dan lain-lain sudah pasti mengganggu penglihatan seseorang.

 

Nah, berikut adalah kasus kelainan mata ekstrem yang tercatat dalam sejarah.

 

1. Bola Mata Berbulu

Drs. Ali Mahdavi Fard dan Leili Pourafkari, merawat seorang pasien yang memiliki kelainan mata aneh, yaitu adanya jaringan berbulu yang tumbuh di salah satu mata.

 

Pasien tersebut adalah seorang pria berusia 19 tahun, yang memiliki kelainan mata sejak lahir, dan makin membesar ukurannya. Meskipun tidak menyebabkan sakit, kelainan itu mengganggu penglihatan, serta menimbulkan rasa tidak nyaman saat berkedip.

 

2. Mata dengan Dua Pupil

Pupula duplex adalah keganjilan dalam dunia medis yang ditandai dengan adanya dua pupil pada tiap bola mata. Konon Liu Ch’ung, seorang menteri di Tiongkok, pada 995 Masehi mengalami kondisi seperti ini.

 

3. Rongga Mata Bolong

Billy Owen, pria asal Las Vegas, tidak memiliki bola mata kanan. Pria yang dulu bekerja sebagai mekanik sepeda motor ini kehilangan salah satu matanya karena kanker langka yang menyerang rongga hidung dengan tingkat kelangsungan hidup hanya 10 persen.

 

Lantaran parah, dokter terpaksa harus mengangkat separuh wajahnya, termasuk mata kanan, otot, dan saraf wajah. Alhasil, rongga pada mata kanannya dibiarkan melompong. Billy Owen bahkan bisa memasukkan jari lewat mulut menembus mata kanannya.

 

4. Mata Seolah Mau Copot

Kim Goodman, perempuan asal Chicago, Illinois, mampu memelototkan bola mata hingga keluar sejauh 12 milimeter, dan tercatat sebagai pemegang rekor dunia atas tonjolan bola mata terjauh pada 2007.

 

Perempuan ini baru mengetahui kemampuan unik tersebut ketika suatu hari kepalanya terpukul topeng hoki, sehingga mengakibatkan bola matanya melotot lebih jauh dari biasanya.

 

Sejak saat itulah Kim dapat menonjolkan bola matanya sesuka hati, termasuk pada saat menguap. ** Baca juga: Demi Dukungan Calon Walikota Tampil Bugil

 

5. Gigi Ditanam di Mata

Martin Jones, pria asal Inggris, telah mengalami kebutaan selama 10 tahun. Ajaib, penglihatannya normal kembali setelah sepotong gigi ditanamkan di mata. Gigi yang ditanamkan adalah gigi taring yang juga disebut ‘eyetooth’ dari mulut Martin sendiri.

 

Gigi tersebut dipasangi lensa mata buatan dan diletakkan pada matanya agar ditumbuhi jaringan. Lipatan kulit dari mulutnya juga diambil lalu ditanamkan pada gigi tersebut agar bisa mendapat pasokan darah sendiri.

 

Prosedur ini telah berhasil memulihkan penglihatan sebanyak 600 orang.

 

6. Mata Ditumbuhi Dua Gigi

Nagabhushanam Siva, perempuan asal India, yang menderita tumor pada mata sebelah kiri, memiliki dua gigi yang tertanam di dalam tumornya. Siva didiagnosis mengidap Teratoma, yang menghalangi penglihatan, merusak saraf optik, dan membuatnya tidak bisa menggerakkan bola mata.(ilj)