oleh

Ini Dia Eskalator Sepeda Pertama di Dunia

Kabar6-Salah satu olahraga yang disukai semua kalangan dari berbagai usia adalah bersepeda. Selain dapat dilakukan bersama-sama, manfaatnya pun sangat besar untuk kesehatan.

 

Selain berolahraga, bersepeda pun kerap dilakukan para karyawan atau kalangan umum sebagai sarana transportasi untuk bepergian. Namun kadangkala jika rute yang ditempuh menanjak atau terjal, tentu saja membuat badan menjadi lelah dan tubuh terasa pegal.

 

Nah, di Trondheim, Norwegia, ada jalur berupa eskalator sepeda, yang diciptakan pada tahun 90-an oleh seorang komuter yang seringkali merasa lelah sekaligus berkeringat seusai bersepeda.

 

Nama eskalator sepeda itu adalah The Trampe lift, yang kemudian dikembangkan menjadi CycloCable. Eskalator sepeda ini telah membawa lebih dari 200.000 sepeda untuk naik sepanjang 150 meter. Keunikan tersebut membuat eskalator sepeda tersebut menjadi salah satu magnet wisata.

 

Bagaimana cara bekerjanya? Pengendara sepeda yang menempatkan satu kaki pada platform miring eskalator itu akan mendorong naik dengan kecepatan lima mph. ** Baca juga: Gila…Ini Dia Tarif Potong Rambut Termahal

 

Bisa digunakan oleh lima orang secara bersamaan, dan tidak terbatas pada sepeda, karena pada dasarnya dapat membawa benda yang beroda kecil sekaligus bersama pemiliknya, baik itu anak-anak dengan skuter atau ibu-ibu dengan kereta dorong bayi.

 

Eskalator sepeda ini tentu saja sangat bermanfaat, terlebih bagi mereka yang bersepeda di kota-kota berbukit. Setiap satu meter dari lift ini dikenakan biaya sebesar US$ 2.000-3.000.

 

Menarik bukan? Bagaimana ya jika diterapkan di kota-kota berbukit yang ada di Indnesia?(ilj)

Berita Terbaru