oleh

Ini Deretan Kiper Paling Unik di Dunia

Kabar6-Posisi kiper adalah yang paling khusus dari semua posisi di lapangan. Tidak seperti pemain lain, kiper dapat menyentuh bola dengan seluruh bagian tubuh mereka, asalkan di daerah penalti mereka sendiri.

 

Di luar area penalti mereka, kiper memiliki pembatasan yang sama sebagai pemain lapangan lainnya. Mereka juga “dilindungi” dari campur tangan aktif oleh lawan-lawan di daerah tujuan mereka sendiri.

 

Seringkali sosok seorang kiper muncul menghiasi media massa, lantaran prestasi ataupun wajah dan penampilan yang menarik perhatian, terutama lawan jenis.

 

Siapakah kiper favorit Anda? Berikut adalah deretan kiper terunik yang ada di dunia:

 

1. Kristof Van Hout

Disebut sebagai kiper paling tinggi di dunia. Kristof Van Hout yang asala Belgia itu memiliki tinggi badan yang mencapai 208 cm.

 

2. Federico Valentini

Kebalikan dari rekannya Kristof Van Hout, Valentini dijuluki sebagai kiper terpendek di dunia, karena hanya memiliki tinggi badan 165 cm.

 

3. Neil McBain

Eks pemain Manchester United, Everton dan Liverpool, Neil McBain memulai kariernya sebagai manajer sejak 1929 hingga 1963.

 

Ketika badai cedera melanda New Brighton tim asuhannya, Neil McBain pun terpaksa harus bermain sebagai kiper dadakan kala menghadapi Hartlepool United, di usianya yang menginjak 51 tahun selama 120 hari.

 

4. Pablo Aurrecochea

Kiper asal Uruguay ini dikenal karena penampilan eksentriknya. Jersey yang dipakai adalah hasil desainnya sendiri. Aurrecochea kerap tampil dengan jersey bertema Superman, Batman, Spiderman, Tom and Jerry, dan lain sebagainya.

 

5. Nicky Salapu

Kiper asal Samoa, Amerika, ini pernah kebobolan hingga 31 gol, saat timnya melakoni babak kualifikasi Piala Dunia 2002 melawan Australia pada 2001. Dari 31 gol itu, 13 gol diborong striker Archie Thompson, yang hingga sekarang belum mampu terpecahkan rekornya di ajang internasional. ** Baca juga: Wah, Ada Mesin Penjual Otomatis yang Seru

 

Siapa kiper Tanah Air favorit Anda? (ilj/bbs)

Berita Terbaru