oleh

Ini Daftar Pemenang Inovasi Project 2019 di Puspiptek

Kabar6-Innovation Project telah mempunyai pemenang dan akan ditampilkan saat pagelaran Pupiptek Innovation Festival (PIF) 2019 kali ini, 3 dari 10 nominasi adalah yang terbaik dari yang terbaik saat ini.

Pengumuman dibacakan di PIF 2019, Gedung Graha Widya Bhakti, Area Puspiptek, Muncul, Kecamatan Setu, Kota Tangerang Selatan, Jumat, 3 Oktober 2019.

Kepala Bidang Kerjasama dan Bisnis Teknologi Puspiptek Hendra Wijaya mengatakan, untuk pemenang innovation project ini nantinya akan mendapatkan dana star up atau yang disebut incubasi.

“Nanti yang menjadi pemenang akan kita masukan ke dalam kegitan incubasi, dan ditampilkan di PIF 2019,” jelasnya.

Sang juara dari Universitas Syiah Kuala Aceh, Alfi Yusyifa Fernanda mengatakan, pihaknya membuat sebuah “Vertikal Farming’, jadi sistem menanam vertikal.

“Jadi itu adalah sistem bercocok tanam keatas, tetapi sistem kami itu berdasarkan EOT, jadi nanti yang ditanamkan di vertikal farming tersebut bisa di monitoring di smartphone dan bisa juga di automasi penyiraman dan pemberian pupuk,” ujarnya kepada Kabar6.com di Gedung Graha Widya Bhakti, Area Puspiptek.

Alfi menjelaskan, fokus pihaknya untuk kota-kota yang lahannya yang terbatas seperti Jabodetabek. “Jadi untuk mengurangi pembobakan lahan juga dihutan-hutan gak usah lagi,” ungkapnya.

Untuk kedepannya, lanjut Alfi, nanti pihaknya akan mengkomersilkan alat kedepannya untuk dijual ke masyarakat.**Baca juga: PIF 2019, Ajang Inovasi Tanpa Batas.

“Ini kan alat kami masih berbasiskan prototype, jadi untuk alat yang sekarang bahannya masih terlalu mahal. Dan kedepannya nanti insya Allah akan kami ganti bahannya untuk yang lebih murah agar masyarakat menengah kebawah bisa menggunakannya juga,” jelasnya

“Alhamdulillah senang dan gak nyangka kita jadi juara. Untuk kedepannya dari TBC Puspiptek akan memberikan Inkubasi untuk perkembangan alat kami,” tutupnya.

Peraih juara pada Innovation Project 2019:
1. Universitas Syiah Kuala Aceh
2. Universitas Negeri Semarang
3. Universitas Pertamina.

10 nominasi karya terbaik Innovation Project:

Universitas Brawijaya
Universitas Pertamina
Universitas Negeri Yogyakarta
Universitas Negeri Semarang
Universitas Syiah Kuala
Universitas Gadjah Mada (2 Karya)
Universitas Diponegoro Semarang
Universitas Jambi
Universitas Sampoerna.(eka)

Berita Terbaru