oleh

Ini Daftar Bank Tertua di Dunia

Kabar6-Bank adalah sebuah lembaga intermediasi keuangan umumnya didirikan dengan kewenangan untuk menerima simpanan uang, meminjamkan uang, dan menerbitkan promes atau yang dikenal sebagai banknote. Kata bank berasal dari bahasa Italia banca, yang berarti tempat penukaran uang.

Nah tahukah Anda, ternyata kantor bank sudah ada sejak beratus-ratus tahun yang lalu? Melansir moneysmart, ini dia daftar banka tertua di dunia:

1. Coutts
Berdiri pada 1692, termasuk dalam bank tertua di Inggris. Awalnya, bank yang didirikan oleh John Campbell ini merupakan tempat penyimpanan emas. Nasabahnya bank Coutts pun beragam, mulai dari masyarakat biasa hingga bangsawan. Karena itulah, dulu Coutts disebut-sebut sebagai bank paling beragam di dunia.

2. Barclays
Berdiri pada 17 November 1690, merupakan tempat penyimpanan emas yang didirikan oleh John Freame dan Thomas Gould. Kemudian pada 1736, menantu James Barclay bergabung dengan bisnis ini dan resmilah namanya menjadi Barclays.

3. Bankhaus Metzler
Didirikan oleh Benjamin Metzler sekira 1674. Dulunya bank ini bukan tempat penyimpanan uang, tapi perpustakaan di Frankfrut. Pada 1760 barulah perusahaan resmi mengubah bisnisnya menjadi perbankan.

4. C. Hoare & Co
Merupakan bank swasta didirikan oleh Sir Richard Hoare pada 1672. Hingga kini, bank ini masih beroperasi dan masih dipegang oleh keturunannya yang udah mencapai generasi ke-11

Rata-rata nasabah di sini adalah golongan kelas atas dengan nilai tabungan yang tinggi. i awal berdirinya aja mereka hanya menerima nasabahnya yang kebanyakan datang dari lingkungan kerajaan, termasuk Catherine of Braganza yang merupakan istri dari Raja Charles II. Hoare & Co juga turut andil memperkenalkan barang perbankan modern seperti cek.

5. Sveriges Riksbank
Merupakan bank sentral tertua di dunia yang dimiliki oleh Pemerintah Swedia. Pendirinya adalah Riksdag of Estates, lembaga tertinggi Swedia setelah raja, pada 1668. Tujuan mendirikan bank ini adalah untuk membantu raja mengurus keperluan perbankannya tanpa harus terlibat langsung.

6. Berenberg Bank
Didirikan oleh keluarga Berenberg sejak 1590, menjadi bank swasta tertua di dunia yang masih beroperasi hingga saat ini. Operasional dan kursi pimpinan tertinggi di bank ini masih dipegang oleh keturunan asli Berenberg.

7. Banca Monte dei Paschi di Siena
Banca Monte dei Paschi di Siena biasa disingkat BMPS. Didirikan pada 1472 di Siena, saat beberapa wilayah Italia bersatu. Tujuan utama pendirian bank sebagai program amal pemberi dana pinjaman buat warga terutama kalangan menengah ke bawah.

Pada 2009, bank ini sempat mengalami kerugian besar akibat penurunan derivatif sebesar 70 jutaan Euro. Beruntung pemerintah Italia berani menalangi kerugian itu hingga akhirnya bank masih beroperasi hingga detik ini. ** Baca juga: Jemput Keberuntungan dengan Tradisi Merawat Boneka di Thailand

Wow…(ilj/bbs)

Berita Terbaru