oleh

Ini Cara Mengolah Makanan yang Disebut Tidak Sehat

Kabar6-Makanan sehat yang dimasak dengan cara yang tidak sehat, sama saja seperti makanan tidak sehat yang tentu saja merugikan kesehatan tubuh.

Makanan tidak sehat dapat menyebabkan berbagai penyakit saluran percernaan, peningkatan berat badan dan juga tidak memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan untuk tubuh.

Terkadang nutrisi dan mineral yang terkandung dalam bahan makanan hilang karena proses memasak yang salah. Karena itulah, Anda sebaiknya mengetahui apa saja cara memasak yang kurang tepat, sehingga akan menghilangkan nilai gizi yang terkandung dalam makanan. Melansir Boldsky, berikut cara mengolah makanan yang disebut tidak sehat:

1. Menggoreng dalam minyak panas
Menggoreng dalam minyak panas merupakan salah satu cara memasak yang paling tidak sehat. Cara memasak seperti ini disebut meningkatkan berat badan dan peningkatan kolesterol darah.

Hindari mengonsumsi makanan yang dimasak dengan cara ini, terutama jika Anda membelinya di luar. Hal ini karena Anda tidak mengetahui kualitas minyak yang digunakan.

Menggoreng dengan minyak yang memiliki kualitas buruk, tak hanya meningkatkan kolesterol, tetapi juga bisa membuat Anda terkena infeksi perut.

Jika Anda tak bisa menghindari cara memasak ini, pastikan Anda menghilangkan dan menyerap minyak dari makanan dengan tisue atau serbet sebelum dikonsumsi.

2. Memanggang menggunakan arang
Makanan yang dipanggang memang sangat lezat, tetapi jika memanggang menggunakan arang akan berakibat buruk untuk kesehatan Anda. Asap yang dihasilkan arang merupakan zat yang bersifat karsinogenik, artinya dapat menyebabkan munculnya kanker.

Selain itu, asap arang dapat menyebabkan gangguan pernapasan. Jadi, gantilah panggangan arang Anda dengan alat panggang dari listrik yang lebih menyehatkan dan ramah lingkungan. Karena selain bisa mengganggu pernapasan, asap arang juga menyebabkan polusi.

3. Gunakan wadah penyimpanan dari plastik
Hindari penggunaan wadah dari plastik atau pembungkus plastik, terlebih saat memasak menggunakan mikrowave. Wadah plastik juga mengandung zat yang bersifat karsinogenik, sangat berbahaya untuk kesehatan Anda.

Makanan yang terbungkus dalam plastik sebaiknya tidak langsung diolah dengan mikrowave. Jadi ketika menggunakan microwave, hindari menggunakan wadah plastik atau pembungkus plastik. Keluarkan dulu makanan dari wadah plastik, baru panaskan menggunakan wadah yang lebih aman dan tahan panas.

4. Cara mencuci sayuran
Sebelum diolah, sayuran harus terlebih dahulu dicuci ketika masih utuh dengan kulitnya. Ini dilakukan untuk menghilangkan kotoran pada sayuran. Namun ketika sayuran sudah dipotong, sebaiknya jangan dicuci karena bisa menghilangkan nutrisi dan mineral yang ada di dalamnya.

Jika Anda memotong sayuran terlebuh dahulu, kemudian mencucinya, bisa dipastikan akan kehilangan banyak nutrisi dari sayuran tersebut.

Selain itu, perhatikan juga kulit sayur dan buah yang sebenarnya bisa dikonsumsi dan mengandung banyak nutrisi. Di antaranya adalah kulit apel, kentang, dan lainnya. ** Baca juga: Tatapan Mata Ternyata Bisa Bikin Seseorang Jatuh Cinta

Cara mengolah makanan yang tepat akan menghasilkan makanan sehat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru