oleh

Ini Bagian Tubuh yang Tingkatkan Peluang Terinfeksi COVID-19

Kabar6-Setiap orang mengambil tindakan pencegahan tertular COVID-19 dengan melindungi hidung dan mulut yang menjadi ‘media’ virus masuk ke tubuh, dengan menggunakan masker.

Namun tahukah Anda, ada bagian tubuh lain yang tak kalah mudah terpapar oleh virus? Melansir Viva, bagian tubuh tersebut adalah mata. Melindungi mata sama pentingnya dengan melindungi hidung dan mulut. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Lancet menemukan, mengenakan pelindung mata bisa menjadi langkah besar berikutnya untuk memperlambat penyebaran COVID-19.

Temuan ini didukung oleh tinjauan sistematis dari 172 studi pengamatan di kedua perawatan kesehatan dan pengaturan perawatan non-kesehatan di 16 negara.

Studi yang dilakukan oleh Universitas John Hopkins melaporkan kembali pada Mei, bahwa virus corona dapat menyebar melalui mata. Hasil penelitian tersebut menyimpulkan, melindungi mata sama pentingnya dengan melindungi hidung dan mulut.

Penelitian lebih lanjut menjelaskan, jika orang yang terinfeksi COVID-19 bersin atau batuk di dekat Anda, percikan dari batuk dan bersin tersebut bisa mendarat di mata, dan akan menyusup ke sel terdalam tubuh.

Untuk itu, melindungi mata seperti halnya hidung dan mulut, dapat mengurangi risiko kamu terpapar COVID-19. Berdasarkan saran dari studi The Lancet, mengenakan visor, pelindung wajah, atau kacamata dapat membantu.

Sedangkan menurut American Academy of Ophthalmology, lensa korektif atau kacamata hitam juga dapat melindungi mata kita dari percikan batuk dan bersin yang terinfeksi, tetapi masih ada kemungkinan mata dapat terpapar dari samping, atas dan bawah kacamata. ** Baca juga: New Normal, Perlukah Cuci Baju yang Dipakai ke Kantor Tiap Hari?

Hal lain, jangan lupa untuk membersihkan dan mensterilkan kacamata secara rutin, seperti halnya masker. Ingat, membersihkan kacamata sama pentingnya dengan memakainya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru