oleh

Ini Alasan Pedagang Pasar Ciputat Kurang Berminat Beli Minyakita Besutan Kemendag

Kabar6-Para pedagang di Pasar Ciputat mengaku kurang berminat membeli minyak goreng curah besutan Kementerian Perdagangan (Kemendag) merk Minyakita, yang didistribusikan oleh PT. Pasar Tangsel Mandiri (PTM) dibawah naungan PT. Pembangunan Investasi Tangerang Selatan (PITS).

Menurut seorang pedagang sembako di Pasar Ciputat, Artiah mengaku, harga Minyakita gak masuk dalam penjualan yaitu dengan harga Rp13.200 per liter, sementara Harga Eceran Tertinggi (HET)nya hanya Rp14 ribu.

Menurutnya, di agen sendiri seharga Rp11.500 per kilogram nya, sementara di agen Indomarco sendiri menjual minyak goreng rakyat sebesar Rp12.600 per liter.

“(Kurang minat membeli Minyakita, red) Karena lebih murah di agen. Kalau Minyakita disini di Pasar Ciputat ke pedagang Rp13.200 per liter, sementara agen hanya Rp11.500 per kilogram, terus agen Indomarco sendiri aja cuma Rp12.600 per liter,” ujarnya kepada Kabar6.com di Pasar Ciputat, Selasa (12/7/2022).

Selain itu, menurut Artiah, alasan tidak minat membeli minyak goreng curah Minyakita, karena lebih keruh ketimbang minyak goreng curah yang dibeli di agen.

“Kemarin pedagang samping pas penimbangan kita liat, lebih keruh minyak nya, makannya kita gak ngambil itu minyak goreng,” terangnya.

Sementara itu, pedagang sembako di Pasar Ciputat yang sempat membeli Minyakita, Anto (35) mengaku, akan berpikir ulang apakah akan membeli Minyakita untuk dijual kembali atau tidak.

Alasannya yaitu, pertama dari segi kualitas yang tidak sesuai dengan harapan, kemudian kedua dari segi harga yang kalah dari harga agen.

“Kalau ditanya apakah akan berlangganan lagi, saya gak tau. Kalau harganya di bawah agen atau minimal sama, kami bisa jual. Kami juga mendukung kalau itu program pemerintah,” ungkapnya.

Anto berharap harga minyak goreng Minyakita lebih murah dibandingkan harga di agen.

Dijelaskannya, minyak curah besutan kementerian perdagangan (Kemendag) itu dapat diperoleh seharga Rp13.200 per liter.

Harga itu lebih tinggi jika dibandingkan dengan harga minyak goreng di agen. Menurut Anto, harga minyak di agen saat ini berkisar Rp 12.000 per liter.

“Harga di agen di bawah itu, Rp12.000 per liter. Jualnya sama, Rp14.000 per liter juga,” tutupnya.

**Baca juga:LBH Keadilan Duga Tersangka Korupsi Dana PIP di Tangsel Cuma Aktor Lapangan

Diberitakan sebelumnya, Program Minyakita yang digagas oleh Kementerian Perdagangan (Kemendag) di Pasar Ciputat kurang mendapatkan respon positif dari para pedagang.

Pasalnya, Minyakita yang didistribusikan PT Pembangunan Investasi Tangerang Selatan (PITS) melalui PT Pasar Tangsel Mandiri (PTM) hanya diminati oleh 4 pedagang saja.

Hal itu diungkapkan oleh distributor Minyakita dari PT PTM, Andika saat ditemui Kabar6.com di lapaknya, Pasar Ciputat, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Senin (11/7/2022).

Andika menjelaskan, yang mendaftar untuk berlangganan Minyakita sebenarnya ada 4 pedagang, namun 3 diantaranya merupakan penjual dari luar Pasar Ciputat.

“4 yang terdaftar, 1 dari Pasar Ciputat, 3 dari luar,” ungkapnya.(eka)