oleh

Ini Alasan Mengapa Anak-anak Memang Perlu Waktu untuk Bermain

Kabar6-Sejak dini, seorang anak memang perlu diajarkan tanggung jawab. Sementara selain belajar di sekolah atau mengikuti berbagai les di luar pelajaran formal, anak pun sebaiknya diberikan waktu untuk bermain.

Berdasarkan penelitian American Academy of Pediatrics, melansir Pesona, anak-anak usia Taman Kanak-kanak (TK) sebaiknya mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Mengapa mereka perlu mendapatkan waktu bermain yang pas? Hal pertama adalah untuk mengembangkan kemampuan bersosialisasi lebih baik.

Meskipun kasih sayang dari orangtua, kakek, nenek, atau orang-orang di sekitarnya tidak diragukan lagi, anak-anak juga bertemu dan berkomunikasi dengan teman-teman sebaya mereka agar kemampuan sosialisasi meningkat.

Anak-anak juga belajar bahwa mereka bukan yang paling utama, sehingga bisa pula belajar tentang toleransi. Hal lain, anak akan memiliki kemampuan berbahasa lebih baik.

Saat usia TK, sebagian anak mungkin masih berbicara ‘belepotan’ alias tidak begitu jelas. Namun bermain sambil bergaul dengan anak-anak seusianya, akan menambah keberanian mereka untuk berkomunikasi, sekaligus melatih berbahasa.

Entah bahasa ibu atau bahasa kedua, anak-anak bakal lebih percaya diri. ** Baca juga: Aroma Segar yang Bantu Minimalisir Migrain

Jadi, beri kesempatan anak-anak untuk bermain dengan teman sebayanya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru