oleh

Ini Alasan Makan di Rumah Lebih Sehat Ketimbang di Luar

Kabar6-Banyak orang yang dengan alasan praktis, lebih memilih makan di luar rumah seperti di restoran, warung makan, dan sejenisnya, ketimbang harus repot memasak di rumah. Terlebih Anda bisa memilih menu favorit sesuka hati.

Memang, memasak di rumah membuat Anda sedikit repot, mulai dari belanja ke pasar atau supermarket, hingga membersihkan peralatan dapur. Namun di satu sisi, kebersihan dan kualitas makanan yang dimasak sendiri tentu lebih terjamin.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal of Hypertension, melansir realsimple, menemukan bahwa kecenderungan makan di luar terkait erat dengan prehipertensi, suatu kondisi yang ditandai dengan kenaikan tekanan darah, dan mengarah kepada hipertensi. Penelitian ini dilakukan pada sebanyak 501 mahasiswa salah satu universitas di Singapura.

Setelah meneliti tekanan darah, IMT (Indeks Massa Tubuh), dan gaya hidup para partisipan, para peneliti menemukan bahwa 27 persen dari partisipan mengalami prehipertensi, dan 38 persen dari partisipan biasa makan di luar sekitar 12 kali dalam seminggu. Hal lain, mereka yang mengalami prehipertensi juga memiliki ciri-ciri nilai IMT yang lebih tinggi, terbiasa merokok, dan kurang aktivitas fisik.

Peneliti juga menemukan fakta lain, hanya makan di luar satu kali dalam seminggu dapat meningkatkan risiko terserang prehipertensi sebanyak enam persen. ** Baca juga: Berjalan Mundur Jadi Cara Unik untuk Bantu Tingkatkan Kesehatan

Makan di luar rumah sesekali memang diperbolehkan. Namun yang terpenting, mari ubah kebiasaan makan di luar dengan makan sehat di rumah. Tidak perlu ribet, cukup makanan sederhana namun mengandung nutrisi yang diperlukan tubuh.(ilj/bbs)

Berita Terbaru