oleh

Ini 8 Makanan yang Baik untuk Jantung

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Untuk menjaga kesehatan jantung, Anda disarankan menjalani pola hidup sehat demi mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung. Salah satunya adalah dengan membiasakan diri mengonsumsi makanan sehat untuk jantung. Apa saja makanan dan minuman yang dimaksud? Dikutip dari Alodokter, berikut uraiannya:

1. Kacang
Konsumsi kacang merah hingga tiga cangkir seminggu. Selain kaya fitonutrien yang baik untuk jantung, juga mengandung serat dan air yang membuat Anda cepat kenyang. Kacang-kacangan juga kaya akan antioksidan yang berperan mencegah kerusakan sel akibat paparan radikal bebas sebagai penyebab kanker, penyakit Parkinson, dan Alzheimer.

2. Biji-bijian utuh
Gandum, beras merah, atau jagung sebagai sumber utama karbohidrat dapat menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes, beberapa jenis kanker, obesitas, dan masalah kesehatan lainnya. Hal ini karena biji-bijian tersebut mengandung protein, serat, antioksidan, vitamin B, dan mineral (zat besi, zinc, dan magnesium).

3. Apel
Menurut penelitian, apel efektif mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh dan membantu mengatur gula darah. Hal ini karena selain mengandung fitonutrien, apel juga mengandung senyawa lain yang baik untuk jantung, yaitu quercetin dan pektin.

4. Bawang
Bawang putih diketahui tidak memengaruhi tekanan darah, sehingga dapat sering dikonsumsi. Bawang putih juga dapat menggantikan garam untuk menambah rasa gurih pada makanan.

5. Anggur
Buah anggur diduga berpotensi mencegah penyakit jantung dan hipertensi atau tekanan darah tinggi karena mengandung serat dan senyawa quercetin, yang bisa melindungi pembuluh darah dari penyumbatan.

6. Kubis
Selain kaya akan fitonutrien yang dapat menyehatkan jantung, kubis juga mengandung vitamin C, vitamin A, vitamin K, kalsium, potasium, dan zat besi. ** Baca juga: Waduh, Kebiasaan Makan Bareng Teman-teman Ternyata Bisa Bikin Perut Buncit

7. Buah Beri
Ragam buah beri seperti bluberi, stroberi, rasberi, dan blackberry kaya akan serat dan antioxidan diduga mampu mengurangi peluang terjadinya serangan jantung. Buah beri tidak memicu diabetes.

8. Teh Hijau
Sejumlah penelitian menemukan keterkaitan antara meminum teh hijau dengan penurunan risiko penyakit jantung. Salah satunya adalah penelitian di Jepang, mereka yang meminum lebih dari lima cangkir teh hijau dalam sehari memiliki risiko sekira 25 persen lebih rendah mengalami kematian akibat serangan jantung dan stroke.

Selain mengonsumsi makanan sehat untuk jantung dan membatasi asupan garam tidak lebih dari 5-6 gram per hari, Anda pun perlu berolahraga secara rutin dan hindari merokok agar tubuh sehat dan jantung senantiasa kuat memompa darah ke seluruh tubuh dengan baik.(ilj/bbs)

Berita Terbaru