oleh

Ini 5 Tempat Pesta Kembang Api Termahal di Dunia

Kabar6-Sudah menjadi tradisi, tiap pergantian malam tahun baru banyak tempat yang merayakannya dengan pesta kembang api. Bahkan, hanya untuk pesta kembang api satu malam, mereka rela menggelontorkan uang hingga ratusan miliar.

Selain tahun baru, pesta kembang api juga sering diadakan untuk menyambut hari besar atau hari kemerdekaan suatu negara. Melansir Moneysmart, ada lima pesta kembang api yang disebut termahal di dunia. Di mana saja pesta kembang api yang dimaksud?

1. Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, senilai Rp279 miliar
Pihak panitia menyiapkan uang sebesar Rp279 miliar demi merayakan Hari Nasional Uni Emirat Arab (UEA) yang jatuh pada 2 Desember 2009. Kembang api menyala selama kurang lebih 55 menit untuk menghibur para wisatawan asing maupun penduduk lokal.

2. Kuwait City, Kuwait, senilai Rp209 miliar
Peristiwa bersejarah yang dirayakan oleh pemerintah setempat tepatnya pada 10 November 2012 silam, Golden Jubilee, merupakan hari di mana negara Kuwait merayakan ratifikasi konstitusi serta pembentukan parlemen. Dana sekira US$15 juta dianggarkan untuk menyiapkan sekira 77 ribu lebih kembang api.

3. Sydney, Australia, senilai Rp88 miliar
Rata-rata per tahunnya kota ini menghabiskan dana sekira Rp88 miliar untuk mengadakan pesta kembang api di malam tahun baru. Beberapa spot favorit yang dipersiapkan untuk acara tersebut adalah Opera House dan Harbour Bridge. Kedua lokasi tersebut dipilih karena terbilang cukup ikonik bagi Australia.

4. Dubai, Uni Emirat Arab, senilai Rp83 miliar
Pada 2014 lalu, Guiness World Record memberikan gelar pergelaran kembang api terbesar sepanjang sejarah dari sisi skala luas dengan biaya mencapai Rp83 miliar.

Terdapat sekira 1.300-an kembang api yang meledak setiap detiknya pada perayaan tersebut. Para penonton yang menyaksikan dibuat berdecak kagum melihat atraksi spektakuler kembang api selama kurang lebih enam menit.

5. Pesta kembang api di Boston, Amerika Serikat, senilai Rp35 miliar
Uang sebanyak itu dikeluarkan pada 4 Juli 2013 silam bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Amerika Serikat. Penonton yang datang langsung di lokasi maupun melihat lewat layar televisi dapat menyaksikan indahnya warna warni kembang api selama 20 menit.

Perayaan itu sekaligus menjadi salah satu pesta kembang api termahal di Negeri Paman Sam. ** Baca juga: Tak Hanya Latihan Bertempur, Tentara Kanada Juga Harus Pandai Menangkap Pokemon

Luar biasa.(ilj/bbs)

Berita Terbaru