oleh

Ini 5 Senjata Rahasia Agen Mata Mata Dunia yang Bentuknya Tak Terduga

Kabar6-Anda tentu pernah melihat film tentang agen rahasia dengan sejumlah persenjataan canggih yang biasa mereka gunakan. Tak hanya dalam film, di dunia nyata pun para agen mata-mata juga dilengkapi banyak senjata rahasia yang super canggih.

Siapa sangka, sejumlah senjata rahasia itu ternyata memiliki bentuk yang benar-benar tak terduga. Melansir Inews, ini lima senjata rahasia agen mata-mata dunia yang dimaksud:

1. Payung Beracun
Senjata ini diciptakan pada 1978 saat agen rahasia Bulgaria bermasalah dengan seorang jurnalis bernama Georgi Markov. Dengan bantuan KGB (organisasi intelijen Rusia), agen rahasia Bulgaria mengembangkan sebuah senapan payung yang diisi dengan pelet ricin.

Ricin adalah zat beracun yang berasal dari tanaman kacang castor dan bahkan dianggap sebagai zat alam paling beracun. Selain itu, racun ini bahkan hampir tidak terlacak.

2. Kamera Burung Merpati
Pihak Office Research and Development dalam organisasi CIA berhasil menciptakan kamera berukuran cukup kecil dan ringan yang memungkinkannya diikatkan ke dada seekor burung merpati. Burung-burung merpati tersebut dilatih untuk terbang di atas wilayah musuh sambil membawa kamera yang dinyalakan dan kembali lagi ke titik keberangkatan.

Kamera yang dibawa diprogram untuk mengambil sejumlah foto dalam interval tertentu menggunakan motor bertenaga baterai yang mendorong film dan membuka rana (shutter).

3. Insectothopter
Insectothopter ini berupa drone berbentuk capung yang dapat dikendalikan dari jarak jauh. Senjata ini dirancang untuk merekam percakapan secara diam-diam. Meski begitu, senjata ini hanya bisa dinyalakan selama sekira satu menit. ** Baca juga: Banyak Warga Rusia Datangi Peramal Selama Perang Ukraina, Ingin Tahu Nasib Mereka

4. Kamera Jam Tangan
Pada akhir 1940-an, para ahli Jerman Barat mengembangkan kamera mini yang disamarkan sebagai jam tangan. Alat itu memiliki lensa fotografi yang berfungsi sebagai pengganti wajah jam. Kemudian, di bawah lensa tersembunyi gulungan film kecil berukuran sekitar satu inci yang mampu menangkap delapan foto.

5. Kiss of Death
Pada 1965, pejabat Amerika menangkap dan menggeledah seseorang yang mencurigakan di sebuah penghalang jalan di Berlin Barat. Di sana mereka menemukan tempat lipstik mencolok yang dibawa oleh orang tersebut.

Ketika dibuka, kasingnya menunjukkan pistol 4,5mm tersembunyi yang mampu menembakkan satu putaran kaliber 177. Pistol ini bisa ditembakkan dengan memutar bagian tabungnya. Senjata yang dijuluki ‘Kiss of Death’ itu sekarang disimpan di International Spy Museum di Washington DC.

Senjata api terselubung, seperti pistol lipstik ini sering digunakan oleh agen-agen yang berafiliasi dengan KGB selama Perang Dingin.(ilj/bbs)