oleh

Ini 3 Alasan Polantas Tutup U-turn Jenderal Sudirman

Kabar6-Pihak Satuan Lalu Lintas Polres Metropolitan mengaku punya tiga alasan kuaat menutup U-turn (putaran balik) di depan Rumah Makan Kawali, Jalan Jendral Sudirman, Cikokol, Kota Tangerang, Rabu (7/11/2012).

Kepala Satuan Lalulintas (Kasatlantas) Polres Metro Tangerang, AKBP Pamudji menjelaskan, sedikitnya ada tiga alasan kepolisian menutup putaran arah dimaksud.

“Hasil koordinasi kami dengan Dihub (Dinas Perhubungan) Kota Tangerang memang harus ditutup sementara ini. Banyak alasan untuk penutupannya,” jelas Pamudji.

Alasan yang dimaksud Pamudji antara lain, tingginya tingkat kemacetan diputaran itu. Dimana, akses jalan yang harusnya dibagi tiga jalur, hampir setiap kendaraan yang akan berputar memadatinya.

“Terutama saat jam padat, diputaran itu sangat mengganggu akses lalulintas dan menyebabkan kemacetan,”ucapnya.

Kedua, lanjut Pamudji, alasan keselamatan pengguna jalan. Banyaknya kendaraan yang berputar mendadak di putaran tersebut, kerap menyebabkan kecelakaan.

“Sudah banyak kecelakaan disana, penutupan kami lakukan juga bersamaan dengan evaluasi lalulintas yang sedang kami laksanakan,” ulasnya.

Dan alasan terakhir adalah untuk mengentaskan proyek ‘pak ogah” alias polisi cepe, yang kerap memaksakan kendaraan dalam kondisi macet untuk berputar di sana. 

Khususnya, untuk mengutamakan kendaraan umum yang juga jadi biang kemacetan di putaran tersebut.

“Alasan yang kami ambil logis dan memang diperlukan untuk melakukan penutupan. Tidak ada kepentingan apapun dalam penutupan putaran tersebut,” singkatnya.(iqmar)

Berita Terbaru