oleh

Ini 2 Kesamaan Negara-negara dengan Tingkat Obesitas Tertinggi di Dunia

Kabar6-Dari grafik penelitian yang menunjukkan urutan negara obesitas di dunia, ditemukan bahwa enam dari daftar 10 negara obesitas tertinggi memiliki kesamaan, yaitu sama-sama menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utamanya. Negara yang dimaksud adalah Amerika Serikat (AS), New Zealand, Australia, Kanada, Inggris, dan Irlandia.

Enam negara obesitas yang menggunakan bahasa Inggris, terutama AS yang menduduki tingkat tertinggi, melansir womantalk, merupakan beberapa negara yang paling berpengaruh di dunia. Artinya, semakin besar pula kecenderungan negara tersebut untuk ditiru oleh negara lain, terutama dalam hal kebiasaan, tak terkecuali kebiasaan mengonsumsi makanan junk food misalnya, yang menjadi favorit warga AS. Bahasa Inggris seolah menjadi ‘jendela’ untuk melihat dan meniru berbagai hal, termasuk kebiasaan mengonsumsi makanan dan minuman manis.

Bahasa Inggris seolah menjadi perantara penerus kebiasaan tersebut ke berbagai negara yang menggunakan bahasa yang sama, begitu banyak negara di dunia yang menggunakan bahasa Inggris. Jadi, sebenarnya bahasa Inggris tak memberikan pengaruh langsung terhadap tingkat obesitas, melainkan hanya berperan sebagai fasilitator. Namun, bukan berarti menggunakan bahasa Inggris itu salah, hanya sebuah teori dan hipotesis kecil. ** Baca juga: Tragis, Pria Ini Mati Tertimpa Gajah Buruannya

Kesamaan kedua, negara-negara dengan tingkat obesitas tertinggi di atas kebanyakan merupakan negara yang mengedepankan kemajuan bisnis dan ekonomi. Seperti AS misalnya yang sangat business friendly, memiliki kecenderungan untuk menyajikan beragam jenis produk tanpa memikirkan kandungan gula di dalamnya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru