oleh

Ingin Sperma Berkualitas? Hindari Minuman Ini

IlustrasiKabar6-Kualitas kesehatan seseorang, salah satunya sangat dipengaruhi oleh apa yang kita konsumsi sehari-hari. Dengan kata lain, makanan dan minuman yang masuk dalam tubuh kita itulah yang menentukan kesehatan kita.

 

Khusus bagi kaum adam, ada beberapa jenis minuman yang sebaiknya dihindari, karena berpengaruh buruk terhadap kesehatan, bahkan dapat membunuh sperma. Berikut minuman yang dimaksud:

 

1. Alkohol

Kadar alkohol di atas 40 persen dapat merusak organ tubuh, seperti kerusakan jaringan lunak pada rongga mulut, pencernaan, dan kerusakan hati (liver).

 

Minuman beralkohol dapat menyebabkan kelainan struktur sperma dan penurunan jumlah sperma. Pria yang mengonsumsi tiga hingga enam kali minuman beralkohol dalam seminggu berisiko memiliki jumlah sperma lebih rendah daripada pria yang tidak mengonsumsi alkohol.

 

2. Soda

Minuman yang mengandung soda dapat mempengaruhi tingkat kesuburan pria. Sebuah studi menyebutkan bahwa bahan kandungan bisphenol yang terdapat dalam botol plastik dan kaleng soda dapat menurunkan produksi dan kualitas sperma.

 

3. Teh Mint

Meskipun teh memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, beberapa ahli berpendapat bahwa teh mint memiliki dampak yang kurang menguntungkan bagi kesehatan seksual.

 

Teh mint mempengaruhi perubahan hormonal dan penurunan kadar testosteron pada pria. Bahkan dapat mempengaruhi androgen, hormon seks pria yang mempromosikan perkembangan dan pemeliharaan karakteristik seks pria, termasuk dalam memproduksi testosteron untuk kesuburan pria.

 

4. Kopi

Mengonsumsi kopi secara berlebihan dapat merugikan kesehatan, yaitu menurunkan jumlah sperma karena kandungan phytoestrogen yang tinggi dalam kopi. Phytoestrogen diyakini dapat menurunkan produksi sperma pada pria karena melawan hormon seks yang terdapat pada pria sehat.(ilj)

Berita Terbaru