oleh

Ingin Sehat? Hindari Sering Begadang

Kabar6-Begadang atau berjaga tidak tidur sampai larut malam, sering dilakukan masyarakat di perkotaan karena tuntutan pekerjaan.

 

Alhasil, keesokan harinya tubuh menjadi lemas dan kantuk pun mendera. Selain tubuh terasa kurang nyaman, begadang dapat mengakibatkan kerusakan sel otak, sekaligus memicu masalah kesehatan lain.

 

Apa saja efek negatif terlalu sering begadang? Berikut ulasannya seperti dilansir dari Boldsky.com:

 

1. Waktu tidur yang kurang dari enam jam semalam, dapat mengakibatkan metabolisme tubuh terganggu. Orang yang sering begadang, biasanya suka ngemil. Akibatnya tanpa disadari, berat badan menjadi bertambah, dan jika dibiarkan akan menjurus pada obesitas.

 

2. Sering begadang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Tidak hanya merusak sel otak, tapi juga menghancurkan sel darah putih yang memiliki fungsi sebagai penguat sistem kekebalan tubuh.

 

Akibatnya, imunitas tubuh melemah sehingga membuat orang tersebut lebih mudah terserang penyakit. ** Baca juga: Usir Bau Kaki Dengan Cara Ini

 

3. Begadang dapat mengganggu jam biologis tubuh. Sering tidur larut malam otomatis akan membuat jam tubuh akan menyesuaikan pola tersebut.

 

4. Kebiasaan tidur larut malam ternyata dapat membuat orang lebih rentan terkena jantung.

 

5. Begadang dapat mengganggu keseimbangan hormon dalam tubuh. Hal ini bisa memicu intoleransi glukosa berkaitan dengan produksi insulin dalam tubuh. Nah, jika hal ini berlangsung terus menerus, akan mengakibatkan Anda rentan terkena diabetes.

 

6. Kurangnya waktu istirahat karena sering begadang, dapat memberikan tekanan pada jantung, yang jika dibiarkan akan mengakibatkan stroke atau serangan jantung.

 

7. Begadang memicu stres karena fisik dan pikiran tidak diberi waktu yang cukup untuk beristirahat. Stres yang berkepanjangan itu dapat memicu tekanan darah tinggi.

 

8. Kurangnya waktu untuk beristirahat mengakibatkan bagian sel otak akan mengalami masalah karena tidak cukup istirahat. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kurang tidur dapat memiliki efek seperti benturan pada kepala.

 

9. Sering begadang dapat mempengaruhi sistem saraf pusat menjadi semakin lemah, begitu juga dengan refleks Anda. Sebuah penelitian pun mengungkapkan bahwa jika begadang dijadikan pola hidup sehari-hari, semakin lama efeknya akan menumpuk, dan dapat mengurangi harapan hidup seseorang.

 

Beristirahatlah jika tubuh kita sudah mengirimkan sinyal letih. Beri kesempatan tubuh untuk meregangkan otot dan syaraf agar kembali fit. Jangan biasakan tubuh menanggung beban pikiran yang berat, dan bekerja melampaui kekuatan fisik, karena efeknya tidak baik untuk kesehatan kita di masa tua.(ilj)

Berita Terbaru