oleh

Ingin Berempati, Moullec Ikut Terbang Memandu Burung-burung yang Bermigrasi

Kabar6-Christian Moullec, ahli meteorologi Prancis, membuat dan mengadaptasi pesawat ultralight dua tempat duduk dan mengajak publik untuk dapat ikut merasakan sensasi terbang bersama burung.

Rupanya hal ini berawal ketika pada 1995 silam, seperti dilansir National Geographic, Moullec melihat sekaligus menolong seekor burung yang kesusahan terbang saat migrasi dari Jerman ke Swedia. Nah, berbekal pengetahuannya mengenai cuaca, sejak saat itu Moullec ingin membimbing dan melestarikan mereka pada jalur migrasi yang aman.

Beberapa wisatawan yang ingin merasakannya bahkan rela menempuh perjalanan lebih dari 15 jam hanya untuk 35 menit terbang bersama Moullec dan teman burung-burung di angkasa. Beraneka jenis unggas yang bermigrasi dapat ditemui di angkasa seperti brent, barnacle, red-breasted, dan greylag.

Mereka terkadang terbang jauh hingga ke Edinburgh, Skotlandia dan Venesia, Italia. Namun tidak setiap musim migrasi Moullec membuka jasa penerbangnnya ini. Dia hanya beroperasi beberapa tahun, agar usaha pelestarian burung-burung dapat terjaga.

Penumpang Moullec berasal dari seluruh penjuru dunia, namun kebanyakan dari Eropa. “Pada tahun 1995 saya ingin mengembalikan angsa putih-fronted ke alam liar di Lapland (utara Swedia). Awalnya sangat sulit, burung-burung itu tidak mau mengikutiku,” katanya. ** Baca juga: Tom, Pria yang Berambisi Jadi Seekor Anak Anjing

Bagaimana ya sensasi terbang bersama burung di angkasa? (ilj/bbs)

Berita Terbaru