oleh

Inggris Rilis Pesan Rahasia Terakhir Nazi dalam Perang Dunia II

Kabar6-Dalam rangka memperingati 75 tahun kemenangan Sekutu atas Nazi di Eropa, Inggris merilis pesan rahasia terakhir Nazi yang berhasil dipecahkan sesaat sebelum Perang Dunia II (PD II) berakhir.

Markas Besar Komunikasi Pemerintah, agen intelijen Inggris, melansir Insider, mengungkapkan pesan perpisahan dari seorang tentara Nazi yang diidentifikasi sebagai Letnan Kunkel. Pesan itu dikirim pada 7 Mei 1945, pukul 07.35i, sebelum sistem komunikasi Nazi ditutup.

“Pasukan Inggris memasuki Cuxhaven pada pukul 14.00 tanggal 6 Mei, mulai sekarang semua lalu lintas radio akan berhenti, berharap yang terbaik untuk Anda. Lt Kunkel,” demikian bunyi pesan tersebut.

“Ditutup selamanya, semua yang terbaik, selamat tinggal,” bunyi pesan itu lagi. ** Baca juga: Restoran di Belanda Terapkan Konsep Makan Malam dalam Rumah Kaca

Ratu Elizabeth II memberikan pidato di Inggris pada pukul 21.00 malam waktu setempat, momen yang sama dengan sang ayah saat berpidato kepada bangsa Inggris setelah Nazi Jerman menyerah kepada pasukan Sekutu.

“Hari ini adalah peringatan ke-75 Hari VE, hari ketika orang-orang di seluruh Persemakmuran menandai berakhirnya perang di Eropa dengan campuran kegembiraan dan refleksi tenang pada banyak pengorbanan yang telah dibuat untuk perdamaian,” kata keluarga kerajaan dalam sebuah cuitan bersama dengan audio dari pidato Raja George VI.(ilj/bbs)

Berita Terbaru