oleh

Ingat, Helm pun Punya Batas Pemakaian Lho

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Setiap pengendara sepeda motor wajib mengenakan helm saat berkendara di jalan raya. Salah satunya adalah untuk melindungi kepala ketika mengalami benturan saat mengalami kecelakaan lalu lintas.

Nah, tahukah Anda bahwa helm pun memiliki batas pemakaian atau masa kedaluwarsa. Dikutip dari doktersehat.com, saat membeli helm, Anda disarankan untuk memperhatikan kode produksi helm yang tertera didalamnya. Kedaluwarsa helm berkisar 4-5 tahun tergantung dari pemakaiannya.

Agar kualitas helm tetap terjaga, sebaiknya jangan menaruh helm menghadap ke atas (menggantung helm) ketika parkir, karena bagian dalam helm mudah rusak jika terkena air.

Hindari juga menyimpan helm di atas tanki sepeda motor, karena uap bensin juga bisa merusak kualitas helm dan bau uap bensin juga bisa merusak kesehatan Anda. ** Baca juga: Apa yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan Agar Miss V Sehat?

Kedaluwarsa helm yang digunakan secara rutin setiap hari akan bertahan selama tiga tahun. Namun jika disimpan, bisa bertahan lima tahun. Kualitas kulit luar helm yang keras bisa menurun dan busa di dalam helm juga bisa keropos.

Kualitas helm jika terjatuh saat berkendara kualita praktis menurun drastis, kemampuan helm tinggal 20 persen dalam melindungi kepala. Jika helm terjatuh dari ketinggian sekira satu meter atau jatuh ketika disimpan di atas sepeda motor, kualitasnya tinggal 80 persen dalam melindungi kepala.

Semoga bermanfaat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru