oleh

Indonesia Terbangkan Relawan Bantu Korban Longsor Vanuatu

Kabar6-Pemerintah memberangkatkan belasan orang relawan ke Republik Vanuatu selama 10 hari. Relawan ini mengemban misi menyalurkan bantuan sosial pascabencana alam angin topan yang melanda negara Samudera Pasifik itu.

Menteri Luar Negeri, Retno Lestari Priansari Marsudi mengatakan, Kementerian Luar Negeri dan Badan Penanggulangan Bencana (BNPB) memberangkatkan sebanyak 19 relawan ke Republik Vanuatu untuk bantuan kemanusiaan.

Sebelum pelepasan relawan, sempat digelar upacara di Gudang Cargo Export 520, R14 Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Tangerang.

“Total personil yang berangkat adalah dari pihak BNPB, BPBD Papua dan Papua Barat, Kementerian Pembangunan Manusia dan Budaya, Kemenlu, Kemenkes, Kemensos, SRC Barat, PMI Pusat, dan wartawan,” ujar Mentri Retno di lokasi pelepasan, Minggu (5/4/2015).

Sementara itu, Direktur Operasional Garuda Indonesia, Kapten Novianto Herupratomo menambahkan, tim kemanusiaan yang berangkat harus beberapa kali transit sebelum mencapai Vanuatu.

“Pertama dari sini transit di Biak, lalu lanjut ke Fiji. Dari Fiji, tim akan melanjutkan perjalanan ke Vanuatu lewat jalur laut,” katanya.

Menurut Novianto, pesawat harus mendarat di Fiji karena lapangan udara Vanuatu tidak bisa menampung pesawat model airbus. **Baca juga: Baru 14 WNI dari Yaman Sampai di Tanah Air.

Untuk diketahui, Republik Vanuatu dihamtam oleh Angin Topan Pam pada tanggal 15 Maret lalu. Bencana itu menyebabkan negara dengan jumlah penduduk sebanyak 266.937 jiwa itu porak poranda, mulai dari gedung-gedung hingga perkebunan warga.

Vanuatu adalah salah satu negara Oseania yang berada di sebelah timur Papua, yang juga merupakan negara tetangga dari Fiji dan Kepulauan Solomon.(yud)

Berita Terbaru