oleh

India Punya Hotel yang Disebut Paling Ramah Lingkungan di Dunia

Kabar6-Jika selama ini India menjadi salah satu negara dengan tingkat polusi terburuk di dunia, ITC Hotels yang merupakan jaringan hotel terbesar kedua di India, membuat dobrakan dengan berbagai program yang ramah lingkungan.

Sebanyak 11 dari 90 hotel yang berada dalam naungan ITC Hotels telah memiliki sertifikasi LEED (Leadership in Energy and Environmental Design) Platinum. LEED adalah penghargaan untuk bangunan dengan tingkat efisiensi energi dan sumber daya sesuai standar US Green Building Council (USGBC).

ITC Hotels, melansir architecturaldigest, juga diklaim sebagai satu-satunya perusahaan di dunia yang memperoleh status carbon positive selama 13 tahun, water positive selama 16 tahun, dan solid waste recycling positive selama 11 tahun. Artinya, jaringan hotel ITC mengusung pengelolaan bangunan yang minim emisi karbon, hemat air, serta mengolah limbah daur ulang.

Mei 2018 lalu, jaringan hotel ini meresmikan hotel terbarunya yang berlokasi di Hyderabad, yakni ITC Kohenur. Hotel ini menggunakan teknologi ramah lingkungan, seperti pemakaian 100 persen lampu LED, struktur bangunan yang memaksimalkan masuknya cahaya matahari, shower mandi dengan air infused vitamin C, serta tanaman di setiap ruangan untuk memperbaiki kualitas udara.

ITC Kohenur seolah menjadi oasis yang menawarkan kesejukan dan udara segar. “Pada tahun 2009, kami berada dalam persimpangan saat harus menentukan brand image, apakah mengutamakan kemewahan atau pembangunan berkelanjutan,” jelas Dipak Haksar, Chief Executive ITC Hotels. “Saat itulah kami memutuskan untuk menggabungkan kedua konsep ini. Untuk para tamu, kami menyajikan kemewahan, sedangkan di balik layar, kami menjalankan konsep ramah lingkungan untuk pengelolaan hotel.” ** Baca juga: Bayar Sekolah di Kota Lagos Boleh Pakai Sampah Botol Plastik

Ditambahkan Haksar, dirinya berharap program ini mampu menginspirasi para pengelola hotel lain di India untuk menjalankan konsep serupa. “Kemewahan sejati tidak dapat berdiri sendiri, harus didukung dengan berbagai elemen dari alam.”(ilj/bbs)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru